Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Keturunan Diabetes Tak Perlu Takut, Ini Antisipasinya Agar Terhindar

Keturunan Diabetes
Sumber Gambar: Pexels


Jadi saya ingin bercerita sedikit mengenai beberapa sepupu lelaki dimana mereka merupakan anak dari kakak ibu saya. Wah agak ribet juga nih menyebutkannya, hehehe. Intinya adalah, sepupu lelaki saya yang berjumlah 4 orang ini lahir dari seorang ayah yang memiliki penyakit diabetes. Ketika saya dewasa, baru menyadari bahwa keempat sepupu saya tersebut ternyata memiliki penyakit diabetes seperti ayah kandung mereka. 

Tentu saja apa yang dialami oleh para sepupu saya dimana mereka mendapat penyakit diabetes karena faktor keturunan, lumrah terjadi dan bukan suatu hal yang mengagetkan. Maka dari itu seseorang yang ketika menikah sudah diketahui membawa penyakit diabetes, harus benar-benar menjaga kesehatannya agar kelak tidak menurunkan penyakit tersebut ke anak-anaknya.

Memang, di beberapa literatur yang saya baca, penyakit diabetes kemungkinan besar disebabkan oleh faktor keturunan. Namun jaman telah banyak berubah, dan saat ini penyakit diabetes mungkin sudah sebagian yang tidak dipengaruhi oleh faktor keturunan, dimana selebihnya dapat dipengaruhi oleh faktor berikut:
  1. Pola makan yang tidak sehat, seperti banyak konsumsi makanan berkalori tinggi dan juga mengandung kadar gula tinggi
  2. Pola hidup tidak sehat seperti minum alkohol 
  3. Kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga yang bisa menyebabkan kegemukan
Dengan adanya faktor lain selain keturunan, maka sebagai manusia, Anda harus lebih concern menjaga kesehatan tubuh sejak usia muda agar ketika memasuki usia tua, tubuh tidak rentan terkena berbagai macam penyakit. Maklum saja ketika usia sudah tua, maka proses metabolisme pun akan mengalami penurunan. Adanya penurunan metabolisme tubuh ini tentu riskan menimbulkan beberapa penyakit yang mungkin ketika muda tidak disadari.

Bagaimana Keturunan Diabetes Menjaga Pola Hidupnya? Ini Rahasianya

Diabetes merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan kadar gula dalam darah di tubuh manusia cenderung tinggi. Pada umumnya batas normal kadar gula di tubuh manusia antara 70-130 mg/dL. Namun pada sebagian kasus, gula darah berada di atas normal bisa jadi dikarenakan stress berlebih, kondisi hormon dan juga dehidrasi. Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter apabila dirasa gula darah dalam tubuh berada di angka tak normal selama beberapa bulan.

Tentu saja memvonis diri sendiri terserang diabetes bukan sebuah tindakan yang benar. Sebelum dinyatakan sebagai penderita diabetes pun, seorang pasien akan menunjukkan gejala yang nantinya apabila diikuti dengan pemeriksaan darah, dokter akan menyatakan dirinya terkena diabetes. Adapun ciri-ciri penyakit diabetes yang dapat Anda lihat dari gejalanya, yaitu:

1. Mudah merasa lelah dan haus

Adanya kadar gula yang cepat bertambah di dalam darah menyebabkan organ lain yaitu ginjal harus lebih banyak menyaring gula. Sehingga hal inilah yang menyebabkan tubuh memerlukan cairan yang lebih banyak juga sehingga penderita diabetes akan merasa lebih cepat haus pula. Sementara penderita diabetes tidak cukup menerima insulin maka akibatnya energi pun lambat diterima oleh tubuh. Akibatnya tentu saja penderita diabetes mudah merasa lelah.

2. Sering buang air kecil 

Karena gula darah tidak 100% terserap oleh tubuh, maka dialirkan ke sistem ekskresi yang menyebabkan adanya peningkatan tekanan pada kantung kemih. Hal ini yang membuat seseorang dengan kadar gula darah tinggi akan mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil.

3. Turunnya berat badan walau tak dalam program diet

Adanya kekurangan glukosa dalam darah tentu saja tubuh harus memecah otot dan lemak agar menjadi energi. Hal inilah yang menyebabkan penderita diabetes tak menyadari kalau bobot badannya berangsur-angsur turun.

Bagi keturunan diabates,dengan adanya penjelasan di atas jangan menambah kecemasan karena bisa meningkatkan kadar gula darah. Segala sesuatu masalah di dunia ini pasti juga diiringi dengan solusi. Bagi Anda penderita diabetes maka tidak perlu kuatir karena https://solusi-diabetesku.com/ hadir sebagai jawaban atas penyakit Anda. Thermolyte Sweetener hadir untuk melengkapi kebutuhan kalori bagi penderita diabetes.

Thermolyte Sweetener juga dapat dicampur ke dalam teh hangat sebagai pengganti gula. Hal ini dikarenakan manfaat minum teh akan baik dirasakan bagi tubuh manusia apabila rutin dilakukan. Adapun manfaat minum teh secara rutin yaitu:
  • Memperbaiki kinerja jantung agar lebih sehat
  • Membantu menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer
  • Melawan radikan bebas dalam tubuh.
Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ada Keturunan Diabetes Tak Perlu Takut, Ini Antisipasinya Agar Terhindar"