Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konten Instagram Berfaedah, Yuk Scroll yang Bermanfaat

 
Credit Photo: Freepic


Siapa yang tidak kenal Instagram, media sosial yang lebih mengutamakan keindahan visual bagi penggunanya. Saya pun saat ini memiliki akun Instagram, bahkan ada 3 akun yang saya miliki. Banyak banget yak! Hal ini dikarenakan saya gunakan ketiga akun Instagram tersebut untuk mendapatkan penghasilan sampingan, seperti review produk.

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih dan merata hampir di seluruh penjuru dunia. Ini bukan lebay tapi faktanya demikian. Dengan bermodal kuota yang cukup terjangkau, kita bisa mengakses seluruh informasi yang diinginkan, salah satunya melalui media sosial Instagram.

Saya masih ingat ketika itu tahun 2016 saya mulai menggunakan Instagram. Waktu masih alay-alaynya, saya seiring repost kontent Instagram yang menjadi obat dari gundah gulana alias masalah yang sedang saya alami. Lama kelamaan kok bosan ya, apalagi sering dilihat oleh beberapa teman dekat bahkan keluarga. Biasalah, kita masih hidup di masyarakat yang kulturnya kepo dan selalu merasa puas apabila tahu masalah orang lain. 

Lama kelamaan saya menjadi bosan ketika bermain Instagram. Lama saya tidak melakukan pembaharuan terhadap postingan di Instagram. Parahnya lagi, saya unfollow beberapa akun keluarga yang kadang terlalu suka koment di postingan saya.

Singkat kata saya sempat hiatus menggunakan Instagram sebagai media sosial yang sempat booming di masanya. Hingga akhirnya saya kembali menggunakan Instagram hanya demi mencari cuan. 

Saya melakukan optimasi Instagram dengan menambah follower dan mengunggah konten sarat makna. Biasanya sih konten yang saya unggah masih seputar review produk. Hingga akhirnya kok saya tertarik dengan beberapa konten tenang perencanaan keuangan yang memang ketika itu sangat saya butuhkan. Maklumlah, pandemi mau tidak mau mengubah kebiasaan hidup hampir sebagian besar masyarakat Indonesia, salah satunya saya dan suami. Terutama kebiasaan dalam mengatur keuangan.

Singkat kata, saya pun terpikir kalau sebenarnya kita ini bisa banyak mengambil manfaat menggunakan media sosial, apabila benar penggunaannya.

Ada beberapa konten Instagram berfaedah yang apabila kita pelajari dan terapkan dalam hidup ini, justru membawa dampak perubahan besar dalam hidup kita. Adapun konten Instagram berfaedah tersebut antara lain:

1. Parenting

Percaya gak kalian para orang tua dari Gen Z, kalau mendidik anak zaman sekarang itu lebih sulit dan punya tantangan besar. Apalagi Gen Z yang kita ketahui sebagai generasi termuda dimana mereka banyak sekali menerima informasi dari berbagai sumber, sehingga tak jarang apa yang dikatakan orang tua mereka sering menimbulkan perdebatan.

Saya punya teman yang memiliki anak generasi Z dan apabila ditegur baik-baik oleh teman saya itu, maka anaknya bisa melawan dengan argumentasi yang terkadang sulit diterima nalar orang tua.

Oleh sebab itu, ilmu parenting yang mungkin zaman saya dulu tidak ada, saat ini menjadi penting dan perlu untuk dipelajari oleh orang tua.

2. Keuangan

Pengaruh media sosial juga yang terkadang membuat seseorang sulit untuk mengatur keuangan pribadi mereka. Cenderung terkena FOMO karena teman posting barang mewah, bisa jadi dirasakan oleh sebagian besar masyarakat kita.

Di Instagram ada banyak akun yang membahas seputar keuangan seperti literasi keuangan, financial planner dan masih banyak lainnya. Saya pribadi secara literasi masih belum banyak memahami bagaimana mengatur keuangan dengan baik, sehingga memerlukan beberapa akun Instagram yang membahas mengenai keuangan.

Scroll tema lain boleh banget kok di Instagram. Hanya saja janga jadikan kebiasaan scroll sosmed jatuhnya membuang waktu dan sia-sia. Salah satu pembahasan yang menarik saat ini adalah mengenai keuangan.

3. Psikologi

Tahukah kalian kalau kita saat ini mudah sekali terkena stress. Macet di perjalanan menuju kantor dapat menimbulkan stress, punya masalah dengan keluarga besar suami juga bisa stress, dan berbagai masalah kehidupan lainnya yang tidak bisa saya bahas satu per satu.

Intinya, saat ini manusia mudah sekali terserang stress dan apabila tidak mendapat penanganan serius, maka bukan tidak mungkin seseorang dapat melakukan tindakan yang membahayakan dirinya,

Sebagai contoh kasus, di Jakarta pernah hampir ada kejadian seorang ibu yang berniat bunuh diri membawa serta anaknya di stasiun KRL. Untung saya petugas keamana sigap mencegah tindakan nekat ibu muda tersebut. Usut punya usut ternyata ibu muda tersebut sedang mengidap baby blues.

Jangan pernah sendirian ketika memiliki masalah hidup.Segera cari teman yang bisa diajak berdiskusi atau sekadar curhat. Jika tidak ada, kalian bisa pergi ke ahlinya seperti ke Psikologi atau Psikiater. Namun apabila tidak ada budget untuk pergi ke Psikolog maka jalan satu-satunya adalah dengan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Media sosial Instagram juga banyak informasi yang membahas seputar dunia kesehatan mental yang saat ini sedang dibutuhkan oleh banyak orang. Kalian bisa banget membaca berbagai informasi seputar kesehatan mental, siapa tahu saja bisa membantu meringankan beban hidup selama ini.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Konten Instagram Berfaedah, Yuk Scroll yang Bermanfaat"