Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bahagia Untuk Diri Sendiri

 
Tips Bahagia
Credit Photo: Pixabay

Pernah tidak kalian merasa sangat jenuh dan tertekan dalam hidup ini sehingga berpotensi menimbulkan rasa tidak bahagia dalam diri. Padahal sejatinya, kebahagiaan diperlukan oleh kita agar dalam melakukan kegiatan sehari-hari lebih bersemangat.

Bayangkan jika kita tidak bahagia dan merasa frustrasi akan hal yang tidak jelas, maka setiap bangun tidur rasanya tidak ada ada energi untuk beraktivitas bahkan ketika di dalam rumah saja. Tentu kita tidak ingin punya hidup yang statis tanpa tujuan.

Sebagai manusia, saya pun pernah merasakan hal yang sama. Hidup bagaikan roller coaster yang kadang sedih namun bisa jadi senang tanpa terduga. Hanya saja kita harus bijak menyikapi kesedihan dan kesenangan yang diberikan oleh Tuhan. Jangan berlarut-larut dalam kesedihan apabila ditimpa suatu masalah.

Menjadi bahagia itu wajib meskipun kita sedang ditimpa cobaan. Mungkin ngomong saja gampang yah, seperti yang saya tulis ini. Namun bagaimana dengan implementasinya? Apakah sudah sesuai yang diharapkan?

Bagi kalian yang ingin selalu merasakan kebahagiaan, ada baiknya mulai menulis konsep bahagia versi masing-masing. Tentu saja standar kebahagian manusia itu berbeda-beda. Ada yang bahagia bila banyak uang namun ada yang sudah merasa bahagia dengan berkumpul bersama keluarga. Jadi tidak ada yang salah maupun benar.

Membahagiakan Diri Sendiri, Jalan Agar Hidup Lebih Tenang

Tak perlu gusar dengan standar kebahagiaan orang lain. Mari ciptakan bahagia versi kita. Berikut tips bahagia untuk diri sendiri menurut saya:

1. Banyak Bersyukur Dalam Hidup

Ketika memutuskan untuk menjadi blogger diluar kegiatan saya bekerja di kantor, ada banyak pengalaman yang bisa diambil dan dijadikan hikmah. Membaca tulisan orang lain dan mengambil makna terdalam dari tulisan tersebut justru membuat saya lebih banyak melakukan instrospeksi dalam hidup ini.

Mungkin saya belum banyak bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan, namun belum ada kata terlambat memperbaikinya. Menjadi individu yang memiliki rasa syukur merupakan cara menjadi bahagia untuk diri sendiri.

2. Tidak Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Kembali ke point pertama dimana ketika kita menjadi orang yang pandai bersyukur, maka diri ini tidak mudah membandingkan diri dengan orang lain. Iya saya tahu, kita hidup di era FOMO, yaitu Fear Of Missing Out. Era dimana kita merasa khawatir tertinggal dengan orang lain.

Namun mau sampai kapan kita akan terus membandingkan diri dengan orang lain. Kebahagiaan tidak akan pernah mendekat malah stress yang datang. Oleh karena itu cobalah mulai saat ini kita tidak pernah berusaha membandingkan diri dengan orang lain. Boleh saja membandingkan namun untuk tujuan positif. Misalnya membandingkan gaya tulisan saya dengan blogger lain sehingga saya bisa memperbaiki kualitas tulisan.

3. Produktif Beraktivitas

Jika kita sibuk beraktivitas maka akan lupa dengan segala permasalahan hidup yang bisa menyebabkan stress. Aktivitas yang dimaksud haruslah aktivitas positif yang bisa memberikan dampak bahagia. 

Contohnya saya dimana saat ini fokus bekerja dan juga menulis di blog, sehingga tidak ada waktu untuk memikirkan masalah hidup. Ya tetap sesekali memikirkan kendala dalam hidup namun entah kenapa dengan menulis di blog, saya merasa menjadi seorang pribadi yang paling bahagia di dunia.

4. Maafkan Kesalahan Orang Lain

Point keempat ini bisa jadi merupakan hal tersulit nih yang harus saya lakukan. Sebab kadang hati manusia suka tidak bisa menerima apabila disakiti oleh orang lain. Namun jika kita niatkan diri untuk menjadi manusia pemaaf maka hati akan terasa lebih lega kok. Tentunya bahagia pun akan mendekat.

Mungkin butuh waktu untuk bisa memaafkan orang lain namun percayalah, ketika kita sudah punya niat untuk menjadi manusia yang mudah memaafkan maka segalanya akan Tuhan permudah langkah ini.

Penutup

Menjadi bahagia untuk diri sendiri itu wajib agar tidak ada celah untuk mengeluh untuk kemudian menjadi stress. Hidup di dunia pastinya akan banyak masalah dan ujian yang dihadapi, namun sebagai manusia kita diberikan Tuhan akal untuk memecahkan masalah tersebut.

Semoga bermanfaat apa yang sudah saya tulis mengenai tips bahagia untuk diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Tips Bahagia Untuk Diri Sendiri"