Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinopsis Mumun dan Inang, Dua FIlm Horor Populer Indonesia

Sinopsis Mumun dan Inang

Film horor masih menjadi genre film yang banyak digandrungi orang, mulai dari remaja hingga dewasa, salah satu yang dibahas di artikel ini adalah sinopsis mumun. Dua diantara film horor populer tahun 2022 ini adalah film Mumun dan Inang.

1. Sinopsis Mumun 

Sinopsis mumun menceritakan tentang sepasang kekasih bernama Mumun dan Juned. Pasangan kekasih itu terpaksa berpisah sebelum menikah karena Mumun tewas akibat kecelakaan. 

Mumun pun menjadi pocong yang bergentayangan di kampung. Sebelum tewas, Mumun seolah dikejar sesuatu dalam hutan dan ia pun jatuh tewas bersimbah darah.

Saat pemakaman, tukang gali kubur lupa melepas tali pocong Mumun. Karena itu, Mumun mati penasaran dan beredar kabar bahwa Mumun gentayangan jadi Pocong.

Pocong Mumun meneror beberapa orang mulai dari tukang gali kubur, saudara kembarnya (Mimin), dan Jefri, ia sendiri merupakan preman kampung dan penagih utang yang jatuh hati pada Mumun. Ketika Mumun ingin balas dendam kepada Jefri, tak disangka Jefri meninggal, dunia dan ikut meneror seluruh warga kampung.

Teror pocong Mumun masih berlanjut dan membuat warga kampung risau. Hal itu membuat warga berencana untuk melakukan penyempurnaan pemakaman jenazah Mumun.

2. Pemeran Film Mumun

Film garapan sutradara Rizal Mantovani ini dibintangi oleh aktris cantik Acha Septriasa dan aktor Dimas Aditya. Aktor-aktris papan atas lain seperti Mandra, Volland Humonggio, dan banyak bintang lain ikut meramaikan film ini.

3. Sinopsis Film Inang 

Film Inang ini mengangkat cerita tentang perempuan yang harus memperjuangan keselamatan bayinya melawan kekuatan jahat yang menghalanginya. Inang menyajikan pelajaran yang berharga seputar seorang perempuan dan kasih sayang orang tua. 

Dikisahkan seorang wanita bernama Wulan hamil, namun laki-laki yang menghamilinya lari dari tanggung jawab. Singkat cerita, ia bertemu dan ditawarkan hidup bersama keluarga Santoso yang mengatakan akan mengadopsi anaknya.

Saat Wulan tinggal bersama keluarga Santoso, ia merasakan keanehan dari keluarga tersebut. Tak sengaja ia melihat keluarga Santoso melakukan ritual aneh melibatkan roh-roh jahat.

Seiring berjalannya waktu, Wulan menyadari jika ritual tersebut dilakukan untuk membuang kesialan yang ada pada bayinya. Ia pun menyadari bahwa keluarga tersebut hanya memanfaatkan dirinya dan bayi dalam kandungannya.

4. Pemeran Film Inang

Inang merupakan film horror thriller terbaru yang dibintangi oleh Naysila Mirdad dan Dimas Anggara. Film yang pernah ditayangkan saat BIFAN 2022 lalu juga dibintangi Lydia Kandou, Rukman Rosadi, dan Pritt Timothy.

5. Kesamaan Kedua Film dari Segi Cerita

Film Inang dan Mumun menjadi dua film horror yang cukup populer di telinga masyarakat Indonesia. Ternyata, kedua film ini memiliki sedikit kesamaan dari segi tema cerita yang diangkat.

Film Inang diangkat dari unsur adat Jawa bernama Rebo Wekasan. Dari Rebo Wekasan, dipercaya jika seseorang lahir di hari itu, maka harus dilakukan ritual pembersihan agar bayi tidak membawa petaka.

Sedangkan pada film Mumun, mengangkat kisah tali pocong yang lupa dilepaskan tukang gali kubur. Mitos untuk melepas tali pocong ini cukup populer di kalangan masyarakat, konon mayat yang telah dikubur akan gentayangan apabila tali pocong tersebut lupa tak dilepas

6. Penayangan di Bioskop

Film Mumun yang merupakan adaptasi serial televisi Jadi Pocong 2002 silam tayang di bioskop sejak 1 September 2022 lalu. Banyak masyarakat yang ingin bernostalgia sinetron horor karya Mandra pada film Mumun ini, untuk film Inang, dikabarkan akan mulai tayang di bioskop pada 13 Oktober 2022 mendatang.

7. Mengobati Kerinduan Sinetron tahun 2000-an

Film Mumun yang digarap oleh Rizal Mantovani merupakan adaptasi dari sinetron legendaris berjudul ”Jadi Pocong” di tahun 2000-an lalu. Tak hanya menyajikan kisah horror, film ini juga menyisipkan komedi di dalamnya.

8. Diputar di Festival Film Internasional BIFAN

Jika film Mumun dapat menjadi ajang nostalgia pada sinetron tahun 2000-an, film Inang memberikan kisah horor thriller yang segar. Film ini berhasil terpilih dan masuk kategori “Bucheon Choice Award” dalam Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) 2022, selama perhelatan BIFAN 2022, film Inang diputar sebanyak dua kali, yaitu saat world premiere 8 dan 13 Juli 2022.

Itulah sinopsis mumun dan beberapa fakta terkait film Mumun dan Inang. Bagi Anda penggemar film horor lokal, kedua film tersebut wajib masuk watchlist Anda.

10 komentar untuk "Sinopsis Mumun dan Inang, Dua FIlm Horor Populer Indonesia"

  1. Pada dasarnya saya penakut untuk nonton film horor tentang dunia hantu, jadi kurang perhatian pada film horor Indonesia apalagi luar negeri.

    Tapi pernah lihat iklan film Mumun. Bingung tentang apa. Kirain tentang mumi. Hi hi....

    Tapi ide cerita film Inang sepertinya seru karena menyangkut ritual gitu. Bikin horor

    Saya sempat ketawa waktu tukang tagih utang jadi hantu juga sebelum dibalasdendami Mumun. Apakah mereka akur atau bersaing dan berantem? 🤣

    BalasHapus
  2. Saya belum nonton filmnya niy mba, wah saya kalau nonton film begini berminggu-minggu kebayangnya. tapi kalau ada pemainnya yang lucu kayak Mandra mungkin sedikit berkurang seramnya

    BalasHapus
  3. Ikutt senang dengan bermunculan kembali film setelah pandemi. Semoga dunia perfilman Indonesia kembali bangkit.

    BalasHapus
  4. Film horor Indonesia memang ciri khasnya terinspirasi dari mitos. Ini kesamaan horor Indonesia dan Thailand. Tapi baguslah karena beda sama gaya Hollywood.

    BalasHapus
  5. Film horor yang kerasa banget ya horornya. Ternyata dari film horor ini bisa mengantarkan menuju sukses. Bisa bersaing ke kancah internasional. Keren, ushaa terbayarkan

    BalasHapus
  6. Aduuh film horor biasanya bikin nggak bisa tidur ya.. padahal hidup aja kadang sudah banyak horornya walaupun tidak mistis.. ini ditayangkan di bulan Oktober apab air pas dengan halowin juga?

    BalasHapus
  7. Duh film horor sampe sekarang merupakan momok bagi saya, kalau bisa nontonnya gak sendiri biar tau jalan ceritanya hehe, boleh juga nih jadi referensi nonton sama suami

    BalasHapus
  8. Tertarik banget buat nonton. Terlebih untuk film berjudul Inang. Untuk Mumum, kalau gak salah dulu sering nonton, tapi judulnya bukan mumun, sering nya sih denger kata hantu mumun..

    BalasHapus
  9. Kisah serupa Mumun ini pernah saya simak di YouTube .. kisah nyata .... tapi yang meninggal itu dia dulunya pasang banyak susuk di badannya.

    BalasHapus
  10. Ah iya ya baru ngeh juga persamaan kedua film ini nggak beda jauh. Horornya indonesia itu emang beda, unik ya. Hal kecil bisa berdampak besar.
    Eits tapi saya baru tahu loh mitos lahir rebo wekasan bakalan kenal sial... Hmmm

    BalasHapus