Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Platform Membaca Novel Online

 
Picture Source: Pexels

Sebagai seorang blogger tentu saja kita dianjurkan untuk memperbanyak literatur. Hal ini bertujuan untuk menambah wawasan serta memperbaiki kualitas tulisan di blog agar semakin menarik, sehingga bisa mendatangkan banyak pengunjung. Dengan banyak membaca, maka akan semakin banyak tema yang bisa kita kembangkan ketika hendak menulis di blog.

Lantas, bagaimana kita mencari sumber bacaan yang berkualitas agar terus bisa mengasah kemampuan menulis, berikut sumber-sumber bacaan yang bermanfaat:
  1. Toko buku. Kalian bisa membeli buku yang diinginkan di toko buku langganan. Namun tentu saja kemampuan finansial setiap orang berbeda-beda. Ada yang bisa rutin membeli buku setiap bulannya, namun ada juga yang 3 bulan sekalipun tidak mampu membeli buku bacaan yang diidamkan. 
  2. Perpustakaan daerah. Jadi sewaktu saya kuliah S2, jujur saja saya lebih sering menghabiskan waktu sepulang kerja di perpustakaan daerah untuk mencari literatur pendukung mata kuliah tertentu. Untungnya perpustakaan daerah dekat dengan kantor, sehingga tak perlu waktu lama untuk sampai ke sana. Perpustakaan daerah menyediakan beragam buku untuk segala tingkat pendidikan. Berbagai genre buku dapat kalian baca di perpustakaan daerah, mulai dari genre motivasi, novel, bahkan agama sekalipun.
  3. Platform Online. Kalau tidak jadi blogger, mungkin saya tidak akan pernah tahu dengan yang namanya aplikasi Gramedia Digital maupun Ipusnas. Beruntung sekali ada platform membaca digital sehingga ketika pandemi 2 tahun lalu, walau tidak bisa kemana-mana, namun tetap bisa terkoneksi dengan buku bacaan. Memang ketika mengakses Gramedia Digital, kita harus mengeluarkan biaya berlangganan. Namun tak perlu khawatir karena jika menginstal Ipusnas akan dapat membaca secara gratis.
Bagi kalian pecinta bacaan fiksi seperti novel, jangan khawatir karena novel juga digemari oleh sebagian masyarakat yang gemar membaca. Bahkan banyak aplikasi online yang khusus menyediakan bacaan novel bagi para pembacanya.

Namun pada kesempatan kali ini saya akan mengulas 3 saja, aplikasi membaca novel online. Berikut 3 platform membaca novel online yang dapat kalian nikmati:

1. Wattpad

Saya sudah cukup lama mendengar aplikasi Wattpad sebagai salah satu aplikasi digital membaca novel. Di Wattpad kalian tidak saja dapat membaca novel dari berbagai penulis terkenal, namun berkesempatan untuk menulis novel sendiri yang bisa dibaca oleh seluruh pengguna aplikasi ini.

2. Storial

Sama halnya dengan Wattpad, Storial juga memberikan kesempatan kepada kalian yang suka menulis untuk menerbitkan cerita di aplikasi ini. Kalian bisa berkolaborasi dalam kepenulisan novel di Storial bersama penulis favorit.

Ada banyak judul novel yang bisa kalian baca di Storial. Selain itu novel favorit tidak hanya bisa dibaca, melainkan juga bisa didengar dalam bentuk audio.

3. NovelToon

Platform digital untuk membaca novel-novel gratis ada juga di NovelToon. Bayangkan, kalian bisa membaca novel secara gratis di aplikasi tersebut.

Kalian bisa mengunduh novel yang ingin dibaca secara offline apabila sedang sibuk dan belum sempat membaca saat itu juga.

Di platform membaca novel online ini kalian juga bisa kok menemukan novel remaja yang ringan dan sarat akan makna kehidupan.

Kegiatan membaca sebisa mungkin diajarkan kepada anak sedari mereka kecil. Hal ini dikarenakan membaca memiliki banyak manfaat diantaranya:
  • Menambah wawasan 
  • Melatih kemampuan berpikir dan juga menganalisa suatu masalah atau kejadian
  • Pada sebagian orang, dengan membaca mampu meredakan stress
  • Memberi stimulasi bagi otak manusia agar tetap aktif  berfungsi secara baik.
Pentingnya menumbuhkan kesadaran membaca tidak hanya diperuntukkan oleh anak-anak dengan kondisi normal, namun ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) pun juga perlu mendapat perhatian dalam memperkenalkan mereka pada dunia literasi.

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "3 Platform Membaca Novel Online"

  1. Udah pernah coba kwikku, kak? 3 novel digitalku tayang di sana, lo 🥰

    BalasHapus