Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Shampo Untuk Ketombe: Lindungi Mahkota Anda Agar Selalu Sehat


Picture Source: Pexels

Bagi para perempuan, rambut bisa dibilang merupakan mahkota yang sangat berharga. Walaupun seorang perempuan menggunakan hijab, namun dia berusahaan sebisa mungkin untuk menjaga keindahan serta kesehatan rambutnya.

Namun, terkadang sebagai seorang manusia yang selalu melakukan aktivitas keseharian, tentu saja mau tidak mau harus bersinggungan dengan yang namanya debu dan sinar matahari. Tanpa bermaksud menyalahkan debu dan matahari, namun rambut yang sering terkena paparan sinar matahari dan debu jalanan cenderung mudah rusak apabila tidak dilakukan perawatan dengan baik.

Banyak sekali beberapa permasalahan rambut yang sering dialami oleh para perempuan, sebut saja:
  1. Rambut berketombe
  2. Rambut bercabang dan pecah-pecah
  3. Rambut kasar dan kusam 
  4. Rambut rontok
Tentunya sebagai perempuan kalau bisa tidak pernah punya masalah dengan rambut. Tapi mau bagaimana lagi, aktivitas pekerjaan terkadang menuntut kita harus berada di luar ruangan sehingga mau tidak mau berpengaruh juga terhadap rambut.

Meskipun menggunakan hijab, bukan berarti bebas dari masalah rambut. Rambut yang tertutup selama kurang lebih 8 jam setiap hari menyebabkan bau tak sedap bahkan cenderung rontok dan berketombe. Kalau sudah begini, lalu apa yang harus kita lakukan? Tentu saja mencari solusi agar rambut tetap sehat. Hal ini dikarenakan rambut yang sehat kan memengaruhi mood kita dalam keseharian.

Ketombe: Masalah Pada Rambut yang Mengurangi Percaya Diri

Ketika duduk di bangku SMP, rambut saya beberapa kali berketombe. Hal ini dikarenakan saya sering bergonta ganti shampo. Maklum saja, ketika remaja rasanya kalau tidak jadi korban iklan, seperti ada yang kurang. Jika ada keluar produk shampo baru, saya langsung minta dibelikan ibu merk itu.

Dampaknya tentu saja mulai muncul ketombe yang sering jatuh ke baju. Ketika sedang ada mata pelajaran olahraga, teman berkata pada saya bahwa di baju olahraga bagian bahu, banyak terdapat ketombe. Malu banget rasanya, sampai-sampai saya jarang mengurai rambut jika pergi ke sekolah. Ketombe menjadi momok bagi saya ketika harus berangkat ke sekolah dan menimbulkan rasa tak percaya diri.

Saya pun mengeluh pada Ibu bahwa ketombe di kulit kepala banyak sekali. Ibu pun berusaha menghilangkan ketombe di rambut saya dengan berbagai ramuan tradisional seperti dengan menggunakan minyak kelapa dan menggosoknya kulit jeruk lemon ke kulit kepala.

Sampai akhirnya kakak perempuan saya menganjurkan untuk menggunakan shampo untuk menghilangkan ketombe di rambut. Untung saja ketika kakak memberikan rekomendasi shampo untuk ketombe, selang dua minggu kemudian saya sudah berpisah dengan ketombe yang merusak kepercayaan diri di sekolah.

Sampai akhirnya saya beranjak dewasa dan sudah mulai mengenal beberapa jenis perawatan rambut. Lalu apa sebenarnya ketombe itu? Ketombe merupakan serbuk berwarna putih yang menempel pada kulit kepada seseorang dan biasanya disertai rasa gatal. Ada beberapa faktor mengapa rambut seseorang bisa mengeluarkan ketombe, antara lain:
  • Adanya jamur yang terdapat di kulit kepada seseorang
  • Jarang melakukan keramas
  • Sensitif terhadap produk perawatan rambut tertentu, misalnya saja sering bergonta ganti shampo bisa menyebabkan munculnya ketombe.
Beberapa tips ketika memilih shampo untuk ketombe yang bisa Anda terapkan antara lain:
  1. Perhatikan komposisi dan bahan dasar dari shampo tersebut.
  2. Pilih shampo dengan kandungan vitamin yang cocok untuk rambut berketombe seperti Zinc Pyrithione dan Micro Moisture Serum yang mampu menutrisi setiap helai rambut.
  3. Pilih shampo untuk ketombe yang sesuai jenis kulit Anda ya! Jika kulit kepala cenderung berminyak maka tentu saja harap gunakan shampo untuk kulit kepala berminyak.

Penutup

Rambut bukan hanya sebagai mahkota tubuh kita, namun keberadaan rambut dapat mencegah manusia dari paparan langsung sinar matahari. Oleh sebab itu sebisa mungkin untuk menjaga kondisi rambut tetap sehat.

Salah satu indikasi rambut sehat adalah tidak adanya ketombe yang bersarang di kulit kepada kita. Sebisa mungkin jangan tergoda atau coba-coba dengan berbagai produk shampo yang beredar di pasaran. Pilihlah shampo yang sudah teruji secara klinis mampu menghilangkan ketombe di rambut.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Shampo Untuk Ketombe: Lindungi Mahkota Anda Agar Selalu Sehat"