Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Internet Dalam Memperkenalkan Sejarah Kota di Indonesia

Manfaat Internet



Siapa sangka saya akan hidup di era dengan segala informasi dan teknologi berkembang cepat. Rasanya tidak henti mengucapkan syukur manakala saya bisa diberi kemudahan dalam mengakses informasi, memenuhi kebutuhan hidup bahkan ketika hendak melakukan perjalanan pun tak perlu repot lagi. Hal ini dikarenakan teknologi digital saat ini sangat mudah dan murah dijangkau dari rumah hanya dengan jaringan internet.

Coba Anda hitung berapa banyak list kebutuhan yang dapat terpenuhi hanya dari rumah dengan menggunakan internet, sebut saja:
  1. Ketika tidak sempat memasak, kita bisa memesan makanan secara online melalui aplikasi dari gadget.
  2. Di saat punya rencana pergi ke suatu tempat yang jauh dari rumah, namun kendaraan kita tiba-tiba mogok, maka kita bisa memesan transportasi online dari rumah. Tak lama transportasi pun datang dan siap mengantarkan sampai tujuan.
  3. Ketika bahan-bahan kebutuhan bulanan habis namun di rumah tidak ada stock. Kita tinggal memesan melalui marketplace langganan lalu tak berapa lama barang pesanan datang. Selesailah masalah.
  4. Dan berbagai kemudahan lainnya yang dapat terselesaikan hanya dengan menggunakan jaringan internet.
Salah satu manfaat internet yang kadang terlupakan adalah di bidang pariwisata, dimana setiap dari kita, mau sekecil apapun kontribusinya, dapat kok memperkenalkan potensi wisata yang ada di kota sendiri. 

Kalau ditanya, apa hubungannya internet dengan memperkenalkan potensi wisata? Maka saya jawab hubungannya sangat erat sekali. Jadi ceritanya saya baru bergabung menjadi peserta walking tour di Surabaya. Agenda kegiatan dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu. 

Setiap orang yang ingin mengikuti walking tour dipersilahkan mendaftar melalui google form terlebih dahulu. Lalu H-1 peserta akan dihubungi oleh admin dari kegiatan walking tour tersebut.

Saya pun datang ke lokasi yang sudah ditentukan, istilahnya meeting point ya. Di sana saya bertemu dengan banyak peserta, dan tidak hanya dari Surabaya saya. Ada peserta yang rela datang dari Jawa Tengah untuk mengikuti walking tour kali ini. Kebetulan tema yang diambil adalah mengunjungi Kampung Eropa yang ada di Surabaya.

Saya terkesan sekali manakala storyteller menjelaskan mengenai sejarah asal mula Kampung Eropa di Surabaya ini ada. Sebagai warga Surabaya, saya malu karena tidak tahu banyak mengenai sejarah kotanya. Banyak sekali manfaat yang saya dapatkan ketika melakukan walking tour di kota Surabaya, antara lain:
  1. Memperkaya wawasan akan sejarah bangsa Indonesia, khususnya kota Surabaya
  2. Mendapat teman baru selama walking tour dan bisa bertukar pengalaman. Hal ini terbukti dengan saya mendapat kenalan baru dari kota Semarang hingga akhirnya kami saling bertukar cerita.
  3. Memperkenalkan kepada dunia luar melalui akun media sosial saya bahwa Indonesia kaya akan wisata sejarah yang tak kalah menarik
  4. Dapat lebih mengeksplor suatu tempat bersejarah. Saya pribadi baru merasakan sensasi ketika melakukan walking tour adalah kaki yang pegal, hahaha. Namun ada yang menarik dimana ternyata ada bangunan yang selama ini saya kira hanya bangunan biasa ternyata punya makna historis di balik itu.
Walking tour sendiri rasanya percuma dilakukan kalau tidak diabadikan ke dalam beberapa foto dan video. Saya pribadi berencana membuat suatu kolase yang nantinya akan diunggah menjadi video agar dapat dilihat oleh follower media sosial saya. Namun tentu saja saya membutuhkan jaringan internet yang stabil dimana ketika mengunggah foto dan video tidak terputus.

Perkenalkan Sejarah Kota di Indonesia Dengan Kekuatan Internet

Ada peserta walking tour yang bersama saya ketika itu bercerita bagaimana dia suka sekali mengunggah hasil foto-foto selama walking tour ke media sosialnya. Peserta itu bercerita kepada saya, bahwa hasil unggahannya di media sosial bisa mencapai ribuan like dari follower ataupun non follower yang mungkin kebetulan mampir ke postingannya. Tentu saja peserta walking tour itu menambahkan hashtag yang mampu menarik para pengguna media sosial ingin tahu dan melihat postingannya.

Satu hal yang pasti ketika seseorang melakukan aktivitas dimana harus menggunakan jaringan internet adalah stabilnya jaringan tersebut. Bersyukur di Indonesia ada IndiHome dimana provider internetnya Indonesia ini memberi pelayanan yang berkualitas sehingga para penggunanya pun bisa beraktivitas walau di rumah saja. 

Ada beberapa alasan mengapa Anda wajib berlangganan IndiHome di rumah, antara lain:
  1. Akses internet yang tergolong cepat dan stabil. Tentu saja bagi Anda yang suka bermain media sosial, akses internet menjadi faktor yang teramat penting ketika hendak mengunggah konten di media sosial. 
  2. Layanan pelanggan atau Customer Service yang sangat responsif sehingga apabila sedang ada gangguan, maka petugas akan datang dengan cepat ke lokasi yang sedang terkendala.
  3. Tersedia beberapa paket kuota sesuai kebutuhan, misal untuk kantor ataupun rumah tinggal. Anda cukup memilih paket yang disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga di rumah misalnya.

Penutup

Negara kita punya banyak keberagaman budaya yang sayang sekali jika tidak dieksplore sedemikian rupa. Sebagai salah satu warga kota Surabaya pun, saya wajib memperkenalkan kepada dunia betapa indahnya setiap bangunan bersejarah yang ada di kota Pahlawan ini.

Dengan mengunggah konten mengenai tempat-tempat bersejarah yang ada di kota Anda, maka setidaknya Anda turut serta dalam memperkenalkan sejarah kota di Indonesia. Tentunya gunakan jaringan internet yang stabil, dalam hal ini jangan ragu untuk berlangganan IndiHome. 

Posting Komentar untuk "Manfaat Internet Dalam Memperkenalkan Sejarah Kota di Indonesia"