Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Drakor Backstreet Rookie: Ketika Takdir Adalah Sesuatu yang Bertahap

Review Drakor Backstreet Rookie


Drama Korea seolah tidak pernah habis untuk dibahas mengenai judul dan tema yang ditayangkan. Ada saja setiap hari drama yang bisa ditonton oleh para netizen pecinta drama Korea. Saya pun demikian. Semenjak ada saluran streaming seperti Netflix, IQIYI, VIU, maupun We TV, saya jadi lebih semangat lagi untuk menonton drama Korea.

Namun mungkin tidak semua drama Korea akan saya tonton, terlebih saya merupakan tipe penonton yang pemilih. Beberapa faktor yang membuat saya berminat menonton drama Korea misalnya:
  1. Wajah pemain drama yang ganteng. Oh ini wajib donk ya, karena saya kan perempuan, wkwkwk jadi harus mencari aktor yang ganteng dan sesuai selera. Walau aktornya tampan seperti Kim Hyun Joong, namun jika bukan selera saya maka saya skip dulu mencari aktor lainnya. Hahaha.
  2. Alur cerita yang tidak berbelit-belit
  3. Tema yang penuh makna kehidupan dan pesan moral
  4. Episode yang tidak terlalu panjang.
Pada kesempatan kali ini saya ingin menulis tentang drama Korea yang berjudul Backstreet Rookie dimana aktor utamanya siapa lagi kalau bukan kesayangan, Ji Chang Wook. Kali ini Chang Wook Oppa akan jadi sad boy dan berasa nyesek banget pas nonton episode 10 deh.

Backstreet Rookie diangkat dari novel Webtoon yang bercerita mengenai gadis bernama Jung Saet Byul dimana jatuh cinta dengan pemuda bernama Choi Da Hyeun pertama kalinya di jalan.

Jung Saet Byul adalah tipe gadis pemberani, periang dan juga selalu semangat dalam hidupnya. Dia memiliki satu adik perempuan, namun kedua orang tuanya telah tiada. Mereka berdua yatim piatu dan tinggal di rumah susun gitu deh.

Lucu sih, ada gitu cinta pada pandangan pertama walau hanya beberapa menit, tanpa tahu identitas pribadi. Yah, namanya saja drama dan fiksi.

Jung Saet Byul yang jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Choi Da Hyeun akhirnya harus menunggu 3 tahun lamanya untuk bisa bertemu dengan cinta pertamanya itu. Kalau di kehidupan nyata mana ada ya! Kalaupun ada, 1 dari 3000 kisah kali, wkwkwk.

Walau dipertemukan kembali sebagai karyawan dan manajer di sebuah toserba, namun keadaan sudah berbeda. Choi Da Hyeun sudah memiliki kekasih yang bernama Yoon Joo. Dalam kisah ini ,Yoon Joo memerankan karakter antagonis.

Yoon Joo merupakan anak dari perusahaan yang mengembangkan toserba dengan sistem waralaba, dimana Da Hyeun menjadi salah satu pemilik waralaba tersebut.

Ibu dari Yoon Joo tida menyetujui hubungan anak tunggalnya dengan manajer Choi Da Hyeun hingga berusaha memisahkan keduanya. 

Di sisi lain ada seorang gadis manis bernama Saet Byul yang dengan gaya unik berusaha memikat hati manajernya. Walau Da Hyeun tetap tidak suka dengan Saet Byul, tapi bukan Saet Byul namanya kalau tidak bisa menaklukkan hati Da Hyeun. Dari sini kemudian konflik terjadi. Ada sedih dan juga kebahagiaan dalam cerita ini.

Walau akhir dari drama ini happy ending namun tetap saja ada yang harus menerima kenyataan pahit, yaitu Yoon Joo yang tidak bisa bersatu kembali dengan Da Hyeun.

Mengapa begitu? Karena latar belakang keluarga mereka yang berbeda. Da Hyeun terlahir dari keluarga yang bisa dikatakan tidak sesuai kasta dengan keluarga Yoon Joo, sementara ibu Yoon Joo pernah mempermalukan ayah dan ibu Da Hyeun dengan mempekerjakan ayahnya sebagai supir dan membeli polis asuransi yang dijual ibu Da Hyeun.

Hal ini untuk menunjukkan betapa berkuasanya kelurga Yoon Joo. Da Hyeun tidak terima dengan perlakuan ibu Yoon Joo karena merasa dilecehkan dan dijatuhkan martabatnya.

Pesan Moral Dari Drama Korea Backstreet Rookie

Bisa dikatakan hampir semua drama Korea yang saya tonton memberikan pesan moral tersendiri. Begitu pula dengan Backstreet Rookie, dimana pesan moralnya antara lain:
  • Tidak semua bisa dinilai dengan uang
Ibu dari Yoon Joo berusaha memisahkan anaknya dengan Da Hyeun. Dia rela membuang uang dengan nominal besar agar hubungan anaknya bisa segera putus dengan Da Hyeun.

Nyatanya Da Hyeun merasa harga dirinya diinjak-injak dan memilih untuk memutuskan hubungan dengan kekasihnya. Dari sini terlihat bahwa Da Hyeun memiliki pendirian yang teguh.

Ayah Da Hyeun juga berani mengambil tindakan untuk berhenti menjadi sopir keluarga pacar anaknya, karena ibu Yoon Joo telah menginjak harga dirinya dan keluarga. Walau mungkin ayah Da Hyeun diberi gaji besar sebagai supir, namun dia tetap berpegang teguh pada prinsipnya.

  • Takdir merupakan sesuatu yang bertahap
Da Hyeun awalnya tidak menaruh hati pada Saet Byul. Namun seiring berjalannya waktu, Saet Byul juga menunjukkan performa yang baik sebagai karyawan di toserba milik Da Hyeun akhirnya benih cinta pun tumbuh.

Dulu Da Hyeun menganggap bahwa cinta adalah suatu hal yang didapat dari pandangan pertama namun ternyata anggapannya selama ini keliru. Bahwa takdir itu berproses dan takdirnya bertemu Saet Byul setelah 3 tahun tak pernah berjumpa lagi. 
  • Keluarga adalah segalanya
Walau bukan terlahir dari keluarga kaya, namun Choi Da Hyeun sangat bahagian dibesarkan oleh kedua orang tuanya. Bahkan impian si pria lugu itu pun sangat sederhana, dia ingin memiliki keluarga seperti orang tuanya kelak.

Menurut saya, drama Korea Backstreet Rookie ini sangat cocok ditonton oleh keluarga. Tidak ada adegan ciuman seperti pada umumnya drama Korea lain. Drama ini mengajarkan pesan moral, bahwa keluarga adalah tempatmu berpulang. Jangan sepelekan kehadiran anggota keluargamu. 

Sayang sekali walau menarik alur ceritanya, namun yang saya baca drakor ini mendapat rating yang rendah. Padahal saya tarik Ji Chang Wook sudah maksimal menurut saya dalam berakting sebagai sadboy manager toserba yang baik hati.

Yuk, tonton drama ini di Iqiyi ataupun We TV. Bagus dan lucu ceritanya. 

Posting Komentar untuk "Review Drakor Backstreet Rookie: Ketika Takdir Adalah Sesuatu yang Bertahap"