Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tools Ngeblog yang Perlu Dimiliki Oleh Para Blogger

Ngeblog juga perlu tools atau alat untuk mendukung kegiatan ngeblog kita. Jika tidak maka blog terasa kurang variatif dan kurang berwarna. Awalnya saya tidak paham juga apa saja tools ngeblog yang perlu diketahui. Bagi saya dulu, menulis setiap hari untuk mengisi blog itu yang terpenting tapi ternyata tidak demikian.

Ada beberapa komponen yang membuat tulisan di blog kita menjadi menarik selain gaya kepenulisan yang memikat para pembacanya.

Saya merangkum setidaknya ada 5 tools ngeblog yang perlu dimiliki oleh para blogger untuk mendukung kegiatan mereka menulis, antara lain:

1. Aplikasi Membuat Gambar seperti Canva, Pixabay dan lain-lain

Dulu saya tidak paham bagaimana ngeblog yang benar pertama kali. Sering sekali saya mencomat gambar bahkan tanpa menyebut sumbernya. Sekarang saya bersyukur karena sudah tahu etika blogging yaitu harus mencantumkan sumber gambar. Kecuali ketika kita membuat desain sendiri seperti di aplikasi Canva.

Bahkan ketika dulu masih menjadi newbie blogger, saya pun pernah menulis tanpa gambar pendukung. Garing banget donk ya tulisan tanpa gambar pendukung. Yang ada pembaca akan lari dari tulisan saya, dan beralih ke artikel blogger lain yang lebih keren dan penuh grafis menarik/

Aplikasi mendesain gambar itu banyak sekali. Sebut saja Canva, Pixabay, Freepic dan lain sebagainya. Anda bisa memilih salah satu sesuai selera saja. Jika Anda tipe blogger yang malas mendesain, bisa kok pilih gambar yang langsung jadi seperti di Pixabay. Jangan lupa cantumkan sumber gambar ya agar tidak dicap plagiat.

2. Aplikasi Hitung Karakter Tulisan

Jadi idealnya sebuah tulisan di blog itu adalah minimal 500 karakter. Tentu saja kita sebagai blogger harus melakukan inprovisasi dan banyak membaca ya agar tulisan tidak monoton dan lebih diperluas.

Selain itu pula tulisan minimal 500 kata lebih SEO friendly dan menjadikan tulisan kita berkesempatan masuk halaman di Google jika temanya menarik. Saya pribadi sering sekali menggunakan aplikasi hitung karakter tulisan di blog apabila sedang menulis. Banyak kok aplikasi hitung karakter tulisan yang bisa kalian gunakan seperti wordcounter.net dan lain sebagainya.

Jika masih kurang dari 500 karakter, kalian bisa tambahkan dengan menggali lebih dalam dari sisi lain sebuah tema yang diangkat menjadi tulisan tersebut.

3. Aplikasi Cek Plagiarisme

Jadi saya berusaha untuk menulis konten yang unik dan bebas plagiarisme. Tentu saja sebagai blogger dan penulis ada kode etik yang dijunjung tinggi donk. Jangan sampai tulisan kita menjiplak tulisan blogger lain. Rasanya tidak elok sekali. Tulisan merupakan buah dari pikiran kita sebagai seorang blogger.

Tulisan itu unik dan menjadi ciri khas penulisnya sendiri. Oleh karena itu setiap saya selesai menulis, saya usahakan untuk cek apakah tulisan saya mirip dengan tulisan orang lain atau tidak. Terkadang sehabis membaca suatu buku, ada ide menarik yang tertanam di pikiran serta otak kita sehingga secara tak sadar akan tertuang dalam tulisan yang kita buat. Hal inilah yang harus rutin kita periksa apakah di dalamnya ada unsur plagiarisme.

4. Aplikasi Spinner

Nah, tool ini cocok bagi kalian seorang peternak blog atau yang memiliki blog lebih dari satu. Misalnya saja Anda seorang peternak blog yang ingin rutin mengisi blog namun sering kehabisan tema. Anda bisa kok menulis dengan tema dan judul yang sama di beberapa blog yang dikelola, asalkan tidak sama persis bahasanya. Hal ini dikarenakan jika sama persis bahasa yang Anda gunakan, maka bisa dicap plagiarisme. Walau itu Anda lakukan di blog sendiri namun tetap tidak boleh ya.

Spinner sendiri merupakan aplikasi untuk memodifikasi sebuah tulisan yang hampir mirip agar bisa ditulis ulang dengan gaya bahasa yang beda. Tujuan digunakan aplikasi ini adalah untuk menghindari praktik plagiarisme di masyarakat. Aplikasi ini tidak dikhususkan untuk para blogger saja kok, namun untuk Anda yang sedang terlibat dalam kegiatan kepenulisan tak terkecuali. 

5. Aplikasi Baca Buku

Jadi Blogger itu harus banyak membaca lho. Kalau tidak maka gimana kemampuan menulisnya akan berkembang. Ibarat pisau, harus terus diasah karena jika tidak maka pisau itu akan tumpul lama kelamaan. 

Menulis juga demikian. Kalau hanya menulis saja, semua orang juga bisa. Tapi apakah semua orang bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas. Saya pribadi sering membaca buku di Gramedia Online yang bisa kalian download di Playstore lho.

Memang ada biaya yang harus kalian keluarkan jika ingin membaca buku di Gramedia Online, namun menurut saya jika itu berkaitan dengan ilmu maka mengapa kita harus perhitungan. Jika ingin gratis, kalian bisa donwload aplikasi iPusnas yang juga tersedia di Playstore kok.

Posting Komentar untuk "5 Tools Ngeblog yang Perlu Dimiliki Oleh Para Blogger"