Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Menu Sarapan di Pagi Hari

 

Menu sarapan

Apakah kalian termasuk individu yang terbiasa rutin sarapan di pagi hari? Kalau iya maka kita satu server karena saya pun terbiasa makan di pagi hari alias sarapan. Bahkan saya pernah sarapan pukul 04.00 WIB lho. Ini sarapan apa kelaparan ya, hahaha.

Tapi memang disadari atau tidak sarapan merupakan kebutuhan pokok yang harus kita penuhi tiap harinya. Jangan meremehkan sarapan walaupun hanya nasi dengan lauk seadanya. Hal ini dikarenakan sarapan terbukti membawa manfaat besar bagi tubuh kita.

Adapun manfaat sarapan di pagi hari untuk kita antara lain:
  1. Meningkatkan fokus pada aktivitas keseharian. Secara tidak langsung ketika seseorang tidak fokus atas aktivitas yang dikerjakan maka patut dipertanyakan apakah dia sudah sarapan atau belum. Jika sudah  namun masih gagal fokus juga, maka sebaiknya sarapanlah dengan makanan sehat dan bernutrisi.
  2. Menambah energi di pagi hari. Untuk memulai aktivitas maka sebaiknya memang Anda sarapan terlebih dahulu dimana tentu saja selain memberi rasa kenyang sekaligus tambahan energi di pagi hari.
  3. Menghindarkan dari penyakit maag. Entahlah mengapa sebagian teman-teman kuliah saya di kala itu selalu mengeluh sakit maag. Hingga akhirnya saya menyadari bahwa mereka adalah anak kost yang bisa jadi berhemat dengan tidak sarapan. Namun jika disadari maka bahaya juga apabila hanya demi berhemat akan menimbulkan penyakit lainnya.

Bingung Memikirkan Menu Sarapan di Pagi Hari: Ini Solusinya

Sarapan di pagi hari tidak perlu dengan makanan yang mewah dan komplit. Ingat bahwa tujuan awal sarapan adalah menambah energi di pagi hari agar bisa fokus dalam beraktivitas. Jangan sampai karena tidak sarapan, Anda jadi pingsan di tengah aktivitas harian. 

Lalu bagaimana jika bingung hendak makan apa untuk sarapan? Tenang tidak sulit kok membuat menu untuk sarapan sehari-hari. Baik ibu rumah tangga, anak kost maupun kalian karyawan di sebuah perusahaan yang harus hidup mandiri bisa membuat sarapan sederhana.

Berikut rekomendasi menu sarapan di pagi hari yang bisa Anda buat sendiri:

1. Roti 

Roti yang dapat Anda makan untuk sarapan bisa disajikan dengan dibakar atau dimakan begitu saja menggunakan mentega dan meses. Anda juga bisa membuat roti telur seperti yang biasa saya buat untuk suami. Cara buat roti telur mudah sekali kok. Anda tinggal mengocok satu butir telur lalu masukkan dua helai roti sampai berlumur telur lalu goreng diatas wajan yang sudah dilumuri mentega. Murah meriah, sederhana namun enak banget lho! Rasa gurihnya itu yang membuat saya ketagihan makan roti telur hampir setiap hari.

2. Nasi Putih dan Telur Ceplok

Jika masih ada sisa nasi putih di magic com maka Anda bisa lega nih karena tinggal goreng telur mata sapi lalu Anda bisa sarapan di pagi hari tanpa takut kekurangan nutrisi sehat. Kandungan protein di dalam telur mata sapi bisa menambah energi yang membuat Anda semangat menjalani aktivitas di pagi hari. Jika merasa kurang gurih, Anda bisa kok menambahkan kecap atau sambal botol pada nasi dan telur ceplok yang disantap.

3. Mie Instan

Kalau mie instan ini tidak saya sarankan dimakan setiap hari yah teman-teman. Cukup jika Anda sedang terburu-buru dan tidak ada ide memasak. Hanya ada stok mie instan di dapur maka bolehlah makan mie instan. Minimal seminggu sekali deh makan mie instan agar tidak berdampak negatif pada tubuh. Atau jika ingin sehat juga tambahkan telur serta campuran daun bawang dan sayuran lain seperti sawi atau pokcoy.

4. Sereal atau Oatmeal

Sereal atau Oatmeal ini mengandung serat yang sangat bagus jika Anda perempuan yang kebetulan sedang melakukan diet namun enggan sarapan. Biasa kan perempuan kalau ingin langsing jadi takur melihat makanan. Melihatnya saja takut apalagi makan sarapan di pagi hari. Jangan kuatir sebab ada sereal atau oatmeal yang dijamin tidak membuat gemuk bagi yang memakannya. Kandungan seratnya juga bagus dalam menahan lapar namun tetap memberi energi di setiap aktivitas yang kita lakukan.

Penutup

Demikian sedikit informasi dari saya menu sarapan pagi yang praktis namun juga penuh gizi. Jangan pernah lupakan sarapan yah kecuali kalian sedang berpuasa. Awali hari-hari kalian dengan sarapan terlebih dahulu agar tidak kehabisan energi.

Yuk ceritakan apa sarapan favorit kalian di pagi hari pada kolom komentar. Siapa tahu selera kita sama.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Menu Sarapan di Pagi Hari"