Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Kursus Online yang Perlu Anda Ketahui


Sekarang ini ada banyak sekali kursus online yang dapat Anda ikuti meski hanya dari rumah saja. Pandemi membuat sebagian orang yang memiliki ide brilian menciptakan platform kursus online demi meningkatkan kompetensi serta skill pada individu agar siap ketika menghadapi dunia kerja. Tak hanya itu saja, saat ini hampir semua kursus online berlomba memberikan program terbaik mereka agar dipilih masyarakat yang kesulitan dalam melakukan personal branding misalnya. 

Sebagai blogger, mungkin saya termasuk kuper alias kurang pergaulan. Hal ini dikarenakan saya baru tahu adanya kelas online ketika menjadi blogger, karena diminta mengulas beberapa kelas online yang ternyata memiliki kualitas bagus. Saya pribadi pun jika tidak terkendala waktu dan mungkin biaya, ingin rasanya mengikuti berbagai macam kursus online yang bisa diinstal dengan mudahnya melalui smartphone yang kita miliki.

Sebenarnya, apa sih kegunaan kursus online itu? Berikut akan sedikit saya ulas mengenai manfaat mengikuti kursus online, antara lain:
  • Meningkatkan skill dan juga kemampuan berkomunikasi.
Ketika mengikuti kursus online, maka banyak hal yang kita pelajari selama kursus berlangsung. Salah satunya adalah kemampuan berkomunikasi dimana akan meningkatkan rasa percaya diri Anda setelah selesai mengikuti kursus online tersebut. 

Dengan memiliki kemampuan berkomunikasi, maka setidaknya ada skill baru yang dikuasai. Mampu berbicara di depan banyak orang merupakan suatu proses yang tidak mudah. Anda harus berlatih membiasakan diri berbicara seolah-olah banyak orang mendengar serta memperhatikan Anda. Jika seseorang sudah memiliki kemampuan Public Speaking, artinya Anda punya skill yang mungkin tidak orang lain miliki.

Saat ini banyak kursus online yang bisa Anda unduh di Playstore menawarkan kursus Public Speaking sebab banyak sekali lapangan kerja yang membutuhkan.
  • Menghemat waktu dan biaya transportasi
Saya pernah merasakan dulu ketika teknologi belum berkembang seperti sekarang ini, mengikuti kursus secara offline itu sangat melelahkan. Bayangkan saya, jarak yang ditempuh ke tempat kursus sangatlah jauh dan memerlukan biaya transportasi yang tidak sedikit. Ketika sudah sampai lokasi, saya keburu lelah karena haris berganti-ganti angkutan umum. Akibatnya saya tidak bisa memahami materi yang diberikan selama kursus berlangsung. Sayang juga biaya yang harus dikeluarkan apabila materi kursus tidak dapat diserap dengan baik.

Dengan mengikuti kursus online dari smartphone yang kita miliki, maka tidak perlu lagi pusing menempuh jarak ratusan kilometer untuk mendapat ilmu yang bermanfaat. Selain menghemat waktu, kursus online juga menghemat biaya transportasi Anda tentunya.
  • Lebih mudah dipahami
Kalau kita mengikuti kursus secara offline atau tatap muka, biasanya ada rasa malu atau sungkan apabila masih ada materi yang belum kita pahami. Saya jadi ingat ketika dulu saya masih SMU dan harus mengikuti kursus Bahasa Inggris secara tatap muka, saya merasa malu untuk tunjuk jari telunjuk apabila ada materi yang tidak saya pahami. Akibatnya, serasa sia-sia mengikuti kursus secara tatap muka.

Melalui kursus online, kita memiliki mentor yang bisa dijadikan tempat bertanya apabila ada kesulitan dalam pembelajaran. Kita tak perlu melihat wajah para teman maupun mentor di kursus online itu. Hal ini membuat kita merasa nyaman dan tak sungkan apabila ingin bertanya seputar materi yang diajarkan.

Rekomendasi Kursus Online yang Bisa Anda Ikuti

Setalah saya berselancar di internet, setidaknya ada 3 kursus online yang menurut saya bisa diikuti oleh semua kalangan, baik untuk lulusan SMA, mahasiswa maupun ibu rumah tangga sekalipun. Bahkan Anda yang seorang pegawai pun dapat ikut serta menjadi peserta di kursus online tersebut. Berikut 3 kursus online yang bisa jadi rekomendasi untuk Anda.

1. Qubisa

Qubisa merupakan kursus online yang berfokus pada pengembangan diri. Qubisa dapat diikuti secara gratis maupun berbayar. Saya pernah mengikuti salah satu webinar Qubisa yang kebetulan mereview buka La Tahzan dimana artinya dalam Bahasa Indonesia adalah Jangan Bersedih.

Anda bisa memilih tema apa saja yang ingin diikuti di kursus online Qubisa ini. Aplikasi siap kerja ini akan memberikan berbagai macam mentoring kepada para pesertanya akan ilmu-ilmu yang bermanfaat. Bahkan ilmu ketika hendak membuka usaha kedai kopi saja ada kok!

2. Skill Academy

Skill Academy juga merupakan satu dari sekian banyak aplikasi kursus online yang dapat membantu Anda meningkatkan skill di berbagai bidang. Skill Academy ini merupakan platform yang dikembangkan oleh Ruangguru dan memberi kesempatan kita untuk mengikuti kelas prakerja. Tahu sendiri kan zaman sekarang mencari kerja itu lumayan susah, sehingga kita harus membekali diri dengan ketrampilan dan skill yang memadai agar dapat bersaing di berbagai kesempatan.

Dari mulai kursus Bahasa Inggris, cara sukses belajar teknik copywriting hingga belajar pemrograman bisa kalian pelajari di Skill Academy. Sebelum memutuskan ingin mengambil paket kursus yang mana, Anda bisa melihat demo terlebih dahulu dari kursus yang ditawarkan kok. Hal ini tentunya untuk menghindari rasa kecewa peserta apabila materi yang didapat tidak sesuai ekspektasi.

3. Course-Net

Menjadi seorang programmer bisa jadi merupakan impian sebagian orang yang tertarik di dunia digital. Namun mungkin ada sebagian orang yang terkendala dengan masalah biaya. Mereka beranggapan bahwa kuliah programming menghabiskan banyak dana. Namun sebenarnya tidakla demikian. Dengan biaya yang dikeluarkan untuk mendapat ilmu programming, akan sebanding dengan peluang kerja sebagai programmer yang banyak dicari di perusahaan besar.

Di Course-Net, Anda bisa mengambil kelas programmer dengan biaya terjangkau dan tentunya waktu yang lebih singkat. Ilmu yang didapat juga berkualitas dan selepas lulus dari Course-Net, Anda berpeluang bekerja di perusahaan besar yang membutuhkan tenaga kerja programmer.


Posting Komentar untuk "Rekomendasi Kursus Online yang Perlu Anda Ketahui"