Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Hal yang Harus Disyukuri Ketika Menekuni Dunia Blogging

 


Apakah saat ini kalian sedang menekuni dunia blogging alias menulis di blog? Jika iya maka akan banyak hal baru yang bisa kalian pelajari. Semua butuh proses termasuk bisa membangun sebuah blog beserta tulisan-tulisan di dalamnya. Jangan cepat menyerah namun juga jangan cepat merasa puas dengan hasil yang sudah kalian raih selama menjadi blogger.

Saya pun demikian adanya. Saya selalu menyebut diri saya baru terjun ke dunia blogger selama 3 tahun dan itu belum ada apa-apanya dengan blogger senior, atau junior namun lebih bagus tulisannya ketimbang saya. Tahun 2019 akan saya ingat selalu tepatnya bulan September ketika awal mula terjun ke dunia blog dan Insha Allah masih konsisten sampai sekarang.

Kenapa saya katakan masih konsisten? Karena ada biaya yang harus saya keluarkan, yaitu biaya perpanjangan domain setiap tahunnya. Oleh karena itu saya harus giat menulis setiap hari untuk bisa menghasilkan pendapatan demi memperpanjang masa berlangganan blog tersebut.

Bersyukur Dapat Menekuni Dunia Blogging Meski Job Tak Selalu Sering Datang

Ada satu pelajaran berharga yang saya dapatkan ketika awal terjun ke dunia blog. Pelajaran tersebut adalah tidak menjadi manusia ambisius berharap mendapat cuan terus di dunia bloger. Selalu ada pasang surut penghasilan manakala kita memutuskan fokus menulis blog. Yang terpenting adalah selalu berdoa kepada Allah SWT dan selalu melakukan branding agar nama kita dikenal luas sebagai blogger.

Lalu, apakah kalian ingin tahu apa hal yang paling saya syukuri ketika menekuni dunia blogging? Berikut penjelasan saya.

1. Memupuk Rasa Percaya Diri

Saya bukan seorang perempuan yang memiliki rasa percaya diri. Bahkan bisa dibilang minder anaknya. Namun ternyata terjun ke dunia blog membuat rasa percaya diri saya tumbuh sedikit demi sedikit. Saya mulai lancar berbicara tanpa terbata-bata dan percaya diri ketika bertemu banyak orang.

Walau menulis tidak berhadapan dengan banyak orang, menulis mengharuskan saya berhadapan dengan layar laptop malah, namun entah mengapa kepercayaan diri saya justru timbul. Bisa jadi karena saya menulis banyak hal, entah menulis yang dibayar atau menulis organik berdasarkan pengalaman pribadi saja.

Dari tulisan yang saya rangkai ini kemudian memberikan dorongan untuk percaya diri, tidak terkungkung dalam diri yang tertutup. Menjadi seorang blogger memang harus mau berbaur dengan masyarakat luas, karena kalau tidak begitu kita tidak dikenal dengan profesi blogger.

2. Menambah Relasi 

Awal mula terjun ke dunia blogging, saya tidak memiliki teman sejalan. Namun saya berusaha mencari jalan pertemanan, hingga akhirnya masuk ke beberapa komunitas yang benar-benar membukakan wawasan. Bahwa ternyata dunia blogger ini luas sekali yah. Kita tidak harus bertemu muka satu dengan yang lain.

Menjali pertemanan dengan sesama blogger sudah cukup melalui dunia maya seperti WhatsApp Group. Syukur-syukur jika bisa kopi darat dengan blogger lainnya di dunia nyata, maka akan terasa keakraban satu dengan yang lainnya.

Menjadi seorang blogger tidak boleh malas dengan adanya informasi yang masuk. Kita harus tanggap dengan segala berita yang ada. Kalau bisa sih jangan kuper, tetap terus ikuti perkembangan berita. Siapa tahu saja rezeki datang menyapa Anda, lalu mendapat job mengulas produk melalui tulisan di blog Anda.

3. Memiliki Skill Menulis

Siapa sangka akhirnya menulis sekarang menjadi hobi saya. Dulu saya merupakan seseorang yang bisa dibilang malas menulis bahkan membaca. Namun karena ketertarikan di dunia blogging membuat saya belajar bagaimana menulis yang baik dan enak dibaca. Kalau hanya sekadar menulis, semua orang pasti bisa menulis. Namun yang blogger tulis tentu bukanlah sekadar tulisan biasa.

Dulu saya kita menulis adalah bakat yang tidak bisa dimiliki oleh semua orang dan ternyata anggapa saya salah selama ini. Menulis bisa dipelajari asal tidak malas dan bosan. Kalau sudah malas, apalagi melakukan pembenaran dengan yang namanya "tidak ada ide", maka akan sulit sekali berkembang.

Jadi apapun pencapaianmu di dunia blogging, maka sudah sepatutnya disyukuri ya gaes.

Posting Komentar untuk "3 Hal yang Harus Disyukuri Ketika Menekuni Dunia Blogging"