Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Group WhatsApp Blogwalking Asik: Ajang Silaturahmi Blogger dan Perluas Network

 


Apa jadinya jika para blogger kumpul jadi satu dalam sebuah group WhatsApp?  Tentu yang Anda pikirkan adalah obrolan seputar blog, job untuk para blogger, berapa rate blog yang kira-kira sesuai serta pembahasan yang tak jauh dari tema blog.

Jika Anda mengira demikian maka Anda salah. Lah kok bisa? Kan grup WhatsApp tersebut berisi para blogger? Iya kalau grup isinya para blogger dan tiap hari yang dibahas seputar blog saja maka bosan juga kali ya. 

Adalah saya si pemilik blog mariatanjungmenulis baru pertama kali masuk ke hutan belantara dunia blogging. Tidak tahu apa-apa dan yang saya ketahui hanyalah menulis, menulis dan memperbaiki kualitas tulisan secara kontinu. Tahun 2019 saya masih ingat betul merupakan tahun perdana memasuki dunia blog dan awalnya menggunakan platform blogger gratisan alias belum TLD.

Saya ingin mempersingkat cerita saja ya karena kalau harus merunut dari awal bisa jadi 2000 kalimat nih, hehehe. Jadi Oktober 2019 saya mulai berani upgrade blog berbayar dan waktu itu saya hanya mencari murahnya saja. Karena hanya mencari murahnya saja akhirnya saya beli domain xyz donk yang cuma 11 ribu rupiah. Ternyata tahun kedua perpanjangannya mahal juga, wkwkwk.

Menulis di blog tentu membuat saya berkeinginan untuk belajar lebih lanjut. Tidak hanya sekadar menulis saja. Hal ini dikarenakan saya juga sharing dengan beberapa teman di komunitas sebelumnya yaitu komunitas ODOP (One Day One Post) yang di dalamnya ada mbak Jihan Mawaddah dan mbak Priyani as known as Sarie Effendi dimana mereka berdua juga seorang blogger yang bisa dikatakan lebih senior dari saya.

Saya banyak sharing dengan mbak Sarie Effendi mengenai dunia blogging. Sebenarnya tidak sengaja juga kami sharing banyak hal melalui chat WhatsApp dan kok ternyata nyambung ya diskusi kami mengenai blog. Tahun 2020 saya pun masih berada dalam kebingungan harus ngapain nih dalam rangka mengembangkan blog TLD yang baru saja menetas dalam hitungan bulan.

Sampai akhirnya bulan Mei 2020 saya diperkenalkan mba Sarie Effendi dengan Mba Rini, si pemilik blog Celoteh Dini Hari sekaligus admin dan founder grup WhatsApp Blogwalking Asik. Di grup WhatsApp Blogwalking Asik yang menjadi admin selain mba Rini ada blogger yang bernama mbak Hani Widiatmoko yang biasa saya panggil mba Hani. Mbak Hani inilah yang membantu mbak Rini setiap hari Senin, Kamis dan Sabtu merekap listing blogwalking para peserta serta membuka kesempatan bagi peserta yang ingin melakukan blogwalking. 

Saya yang merasa harus bergabung di beberapa komunitas blogger dan semacamnya langsung menyambut baik manakala mba Sarie Effendi memberi nomor WhatsApp Mba Rini. 

Ohya, sebelum bercerita lebih lanjut saya ingin menjelaskan bahwa Blogwalking Asik bukanlah komunitas namun Grup WhatssApp yang memfasilitasi para blogger yang ingin melakukan kegiatan Blogwalking. Blogwalking sendiri merupakan kegiatan saling mengunjungi blog sesama teman blogger dan juga sebaliknya dengan berbagai macam tujuan, diantaranya:
  1. Meningkatkan pageview sesama blogger
  2. Bagi saya pribadi, blogwalking dapat memperkaya diksi dan wawasan dalam meningkatkan literasi.
  3. Memelajari gaya bahasa blogger lain.
  4. Ajang silaturahmi dan berkenalan dengan blogger lain
Setelah mendapat nomor WhatsApp Mba Rini, segera saya menghubungi beliau melalui chat. Agak lama juga mba Rini membalas chat saya namun Alhamdulillah beliau merespon dengan sangat ramah. Tidak pakai lama saya pun dimasukkan ke dalam grup WhatsApp Blogwalking Asik.

Para membernya ramah-ramah sih menurut saya. Mereka saling memperkenalkan diri dengan menyebut nama dan tentu saja menyebutkan nama blog mereka. Awalnya saya kurang percaya diri nih, karena merasa baru banget dalam menekuni dunia blogging. Apakah tulisan saya berkualitas untuk dibaca para anggota Blogwalking Asik? Begitu pikiran saya setahun lalu.

Akan tetapi saya berpikir jika saya terkungkung dalam rasa tidak percaya diri, lalu kapan saya akan maju? Akhirnya saya nekat selalu ikut list manakala jadwal blogwalking dibuka. Kebetulan di grup WhatsApp Blogwalking Asik ini list BW dibuka setiap hari Senin, Kamis dan Sabtu dan saya berusaha seaktif mungkin berpartisipasi meski hitungannya masih baru.

Dengan modal nekat dan percaya diri saya pun mulai berkenalan dengan beberapa anggota grups WhatsApp BW Asik. Saya akan menyingkatnya dengan sebutan BW Asik saja yah biar lebih akrab didengar di telinga. Kadang ada member yang saya japri misalnya hanya untuk menginfokan kalau blognya tidak bisa dikomen karena mungkin jaringan internet saya sedang error. Atau japri karena belum paham dengan (Scope of Work) SOW suatu job sementara saya tergabung dengan job yang sama dengan salah satu member BW Asik. Maklumlah karena saya masih terbilang newbie di dunia blogger dan buzzer jadi suka kuatir takut salah apabila lolos job tertentu.

Bagaimana Grup WhatsApp BW Asik Menurut Seorang Maria Tanjung

Tidak menyangka juga sudah 1,5 tahun saya bergabung di grup WA BW Asik dan dari grup inilah saya mulai bergabung ke beberapa grup blogwalking lainnya. Jaringan pertemanan saya sudah mulai luas sejak masuk di grup BW Asik.

Kalau ditanya kesan bergabung di grup WhatsApp BW Asik, maka kesan yang saya dapatkan:
  • Grup yang tidak hanya membahas seputar blog saja
Grup BW Asik beranggotakan individu dengan beragam latar belakang pendidikan, profesi dan dari daerah yang beragam. Domisili kami bisa dikatakan dari Sabang sampai Merauke. Profesi kami pun berbeda-beda. Para Ibu rumah tangga hebat yang masih bisa meluangkan waktu ngeblog, pegawai swasta seperti saya, dosen, serta profesi lainnya yang tidak mungkin saya sabutkan satu per satu.

Kalau ada anggota grup yang sedang kebingungan akan suatu hal bisa kok bertanya di WA grup. Insha Allah bisa tercerahkan dengan jawaban teman-teman. Kami memang memiliki kesibukan masing-masing namun jika ada teman yang bertanya akan dijawab kok walau mungkin jawabannya beragam yah. Bisa jadi jawaban yang diinginkan oleh teman yang bertanya belum sesuai dengan yang diharapkan namun setidaknya anggota BW Asik memiliki perhatian terhadap anggota grup yang bertanya. Saya sih bisa memaklumi karena kami terdiri dari berbagai latar belakang berbeda. 
  • Dapat berteman tanpa harus bertatap muka
Sudah berapa banyak teman di BW Asik yang saya simpan nomor WhatsAppnya? Jangan ditanya, yang pasti lebih dari 10 nama. Barusa saya hitung ternyata ada sekitar 70an nama blogger yang sudah saya simpan di phonebook saya, wkwkwk.

Dulu persepsi saya berteman itu ya harus tatap muka, saling ketemuan biar bisa ngobrol ngalor ngidul. Namun di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini sepertinya persepsi seperti itu tidak berlaku lagi. Kita bisa berteman tanpa harus tatap muka kok. Chat di WhatsApp grup saja sudah bisa membuat mood yang tadinya jelek jadi riang kembali. Hal ini yang saya alami manakala chit chat di grup WhatsApp BW Asik bersama beberapa anggota lainnya. 

Selain ngobrol via WhatsApp, BW Asik juga pernah mengadakan acara kopdar via Zoom yang pastinya ada materi dibawakan oleh salah satu peserta. Materi tentu saja masih berkisar seputar hal-hal yang masih perlu diperdalam oleh para blogger. Salah satunya adalah pada tanggal 19 November 2021 lalu dimana BW Asik mengadakan kopdar online via Zoom dan mengundang Bang Doel menjadi narasumber.

Dengan dimoderatori oleh mas Ari Getas acara yang berlangsung hampir 2 jam itu bagi saya bermanfaat banget sih. Saya merasa haus ilmu mengenai blog jadi selalu ingin belajar dan belajar dari orang-orang yang memiliki kapasitas di bidangnya. 

  • Memperluas network sebagai blogger dan influencer
Menjadi seorang blogger ternyata dapat menginfluence para pembaca melalui tulisannya. Tentu saja hal ini menjadi peluang donk untuk si blogger. Peluang untuk mengdapatkan cuan ya pastinya. Namun peluang mendapatkan cuan tidak datang dengan sendirinya. Kita harus berusaha mencari informasi akan datangnya peluang. 

Salah satu cara mendapatkan informasi adalah dengan bergabung di beberapa komunitas mapun perkumpulan. Walau grup WhatsApp Blogwalking Asik bukan komunitas namun bagi saya sangat membantu dalam memberikan informasi mengenai peluang job yang bisa saya dapatkan. Namanya juga bagian ikhtiar, sepanjang niat kita baik maka semesta pun mendukung.

Bagi saya bergabung di grup WhatsApp Blogwalking Asik merupakan salah satu ikhtiar dalam memperluas network sebagai blogger maupun influencer. Bukankah bergaul dengan penjual parfum maka kita akan kecipratan wanginya?
  • Saling support ketika teman butuh bantuan
Ternyata support di grup WhatsApp Blogwalking Asik bukan hanya pada saat listing di hari yang sudah dijadwalkan saja. Beberapa anggota BW Asik terkadang meminta bantuan kami untuk mengunjungi blog mereka dalam upaya meningkatkan (Page view) atau PV pada artikel tertentu. Kami memahami hal ini kok karena beberapa client ada yang meminta laporan PV disertakan ketika job sudah selesai.

Selain support artikel blog, peserta juga bisa saling support job di media sosial lainnya. Namun karena grup WhatsApp Blogwalking Asik lebih fokus ke kegiatan blogwalking maka support job media sosial tidak ada jadwal. Hanya kerelaan dari teman-teman untuk like, komen bahkan retweet terhadap job salah satu member yang kebetulan meminta bantuan. Bagi saya dunia blogger dan influencer ini kegiatan saling support itu sangat penting. Tentu saja semua harus dilakukan dengan sukarela dan ikhlas ya. 

Ohya, selain support dalam hal job blogger maupun influencer, nilai positif yang bisa diambil dari grup WhatsApp Blogwalking Asik adalah kepekaan sosial yang tinggi terhadap anggotanya yang sedang mengalami kedukaan. Misalnya saja ada salah satu orang tua anggora grup yang wafat maka admin akan membuka donasi. 


Penutup

Akhir kata saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada Mbak Rini, pemilik blog Celoteh Dini Hari yang memberikan saya kesempatan bergabung di grup WhatsApp Blogwalking Asik sampai sekarang. Kesempatan yang datang tidak saya sia-siakan dengan selalu membaca apa saja chat yang masuk di grup. Terus terang saya bisa dikatakan silent reader namun bukan berarti tidak aktif sama sekali. Maklumlah, saya ini seorang introvert yang senangnya di balik layar saja, wkwkwk.

Dari grup WhatsApp Blogwalking Asik saya belajar mengenal berbagai karakter teman-teman, bagaimana bisa bergaul dengan baik dan saling pengertian. Mungkin saya belum menyimpan nomor WhatsApp seluruh anggota di grup namun keberadaan grup ini sudah memberi saya kesempatan untuk mengenal dunia blogger lebih luas lagi.

Sukses terus untuk grup WhatsApp Blogwalking Asik!

7 komentar untuk "Group WhatsApp Blogwalking Asik: Ajang Silaturahmi Blogger dan Perluas Network"

  1. aku kenal mbak maria juga dari BWA...peluk jauh hihi

    BalasHapus
  2. Wah alhamdulillah beruntungnya aku bisa gabung di group BWA dan banyak ilmu yang didapat. Bareng juga kan sama kak Maria...seru ya kak group BWA ini :)

    BalasHapus
  3. Asyik WAG BWA, nggak terlalu kaku, adminnya baik dan teman-teman bloggernya juga asyik-asyik. Saya juga dapat banyak hal baru di sana. Pokoknya group yang tiada duanya deh, hehehehe... Wah saya juga ada yang pakai xyz, memang lumayan ada harga juga tuh domain. Tapi bagus loh domain xyz

    BalasHapus
  4. Wah, saya baru tahu kalau Mbak Maria Tanjung termasuk blogger yang baru. baru sedikit tahun. Saya kira sudah belasan tahun ngeblognya.

    BalasHapus
  5. Wah saya malah udah lupa kapan gabung di BWA, ingetnya sih waktu kokoh bikin pusing orang gara2 salah beli hosting itu saya udah di grup 😂

    BalasHapus
  6. Jauh di mata dekat di hati ya Mba Maria BWA itu. Hehehe. Meski belum kopdar tapi rasanya kok udah akrab, atau tepatnya mudah merasa akrab dengan semua teman-teman di sini,

    BalasHapus
  7. Senang banget mbak saya juga bisa gabung di grup BWA. Namanya asiknya jadi doa orangnya juga asik-asik. Selalu konsisten dengan ngeblog.

    BalasHapus