Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Blogger Sukses Menurut Masyarakat, Atau Saya?


Saya bertanya-tanya pada diri sendiri, adakah masyarakat di luar komunitas blogger yang paham profesi kami? Atau benar-benar tidak tahu apa itu blogger, buzzer maupun influencer. Teman-teman kerja saya saja hanya satu dua orang yang tahu bahwa saat ini saya menggeluti dunia blogging.

Namun setelah saya pikir-pikir, memang profesi blogger ini unik. Mereka terkadang dianggap sebagai profesi yang tidak ada, walau pada kenyataannya jumlah blogger itu ratusan bahkan ribuan bahkan. Namun blogger aktif mungkin masih bisa dihitung dengan jari yah, Blogger pun tidak hanya ada di Indonesia saja. Di luar negeri pun ada pula profesi ini. Bahkan, dari drama Korea berjudul Itaewon Class, salah satu tokoh utama bernama Jo Yi Seo adalah seorang blogger dan dia banyak mendapat penghasilan dari ulasan yang ditulis di blognya itu. Keren kan! 

Saya yakin hal itu bukan hanya ada di drakor semata. Pada kenyataannya banyak juga kok blogger yang sukses dan menerima tawaran di sana sini dari para vendor pemilik bisnis. Meskipun blogger bisa dibilang merupakan profesi yang tidka populer, namun memang keberadaannya ada di masyarakat.

Jadi jangan heran dan julid, apabila ada tetangga kalian yang hanya kerja dari rumah bisa menghasilkan uang hanya dari ngeblog, atau profesi freelance seperti influencer.

Lalu, jika masyarakat paham akan profesi ngeblog, harusnya bisa memaklumi keberadaan blogger donk. Karena ada orang yang beranggapan kalau kerja itu harus di belakang meja, kerja itu harus kantoran dan tidak ada kerja dari rumah. Itu kalau pendapat para old fashion, seperti Ibu atau Bude saya misalnya.

Yaaa... gak salah juga sih. Namun zaman telah berubah dan mau tidak mau kita harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman donk. Seorang Atta Halilintar saja bisa terkenal dan punya kekayaan berlimpah karena profesinya sebagai Youtuber. Dan Youtuber bukan kerja kantoran lho. Bisa dibilang para freelancer atau konten kreatif itu kerjanya sulit karena harus ada ide setiap hari demi menghidupkan konten mereka.

Sama halnya dengan ngeblog, jangan sampai blog kita kosong terus tidak ada tulisan. Ibarat rumah yang ditinggal pemiliknya bertahun-tahun, kalau tidak.dibersihkan akan berdebu donk.

Mungkin definisi blogger sukses di masyarakat apabila:

1. Nyata Kerjanya

Kerja itu harus nampak hasilnya, mungkin untuk beberapa orang. Misalnya saja seseorang yang kerja di bank maka setiap harinya dia akan keluar masuk bank. Namun, di bank dia bagian apa dulu? Maklumlah, terkadang sebagian dari kita suka memberi stigma terhadap profesi orang lain.

Blogger sendiri bisa dilihat karyanya adalah melalui tulisan yang dia buat. Anda bisa cek langsung dari blog yang dimilikinya. Misalnya saja saya memiliki blog www.mariatanjung.my.id, dimana di dalam blog itu berisi tulisan-tulisan baik berbayar maupun organik. Anda bisa melihat berbagai tulisan saya, lalu menilai apakah saya layak untuk diajak kerjasama atau tidak.

2. Memiliki Penghasilan Tetap dan Memadai

Blogger tidak bisa disamakan dengan pekerja kantoran yang tiap bulan mendapat gaji tetap. Blogger seorang freelancer dimana penghasilannya bergantung kepada orderan tulisan dari agency atau vendor pemilik bisnis yang suka akan hasil karyanya. Hasil karya di sini tentu saja tulisan yang dibuat oleh blogger tersebut.

Misalnya saja ada vendor yang menyukai beberapa tulisan saya mengenai liburan, lalu dia mengontak email saya dan menawarkan kerjasama terkait promo usahanya di bidang tour and travel.

Namun, definisi blogger sukses menurut saya mungkin berbeda menurut masyarakat, Mengapa? Karena bagi saya, blogger sukses itu adalah:
  • Konsisten Menulis
  • Tidak Mudah Jenuh dengan Profesi Bloggernya
  • Selalu Ingin Belajar
Jadi, jangan putus asa apabila ada sebagian orang yang masih memandang sebelah mata profesi blogger. Kita tidak harus menyenangkan semua orang bukan!

Posting Komentar untuk "Definisi Blogger Sukses Menurut Masyarakat, Atau Saya?"