Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Marketplace Untuk Membayar Tagihan Bulanan


Dahulu kala saya selalu merasa pening ketika awal bulan tiba. Selain karena banyak tagihan bulanan yang harus dibayar, juga saya selalu pusing duluan memikirkan jauhnya jarak tempat untuk melakukan pembayaran tagihan bulanan tersebut.

Hal itu terjadi sebelum tahun 2010an dimana teknologi belum secanggih seperti sekarang. Saya masih melakukan pembayaran secara manual. Caranya? Yaitu dengan datang ke kantor yang berhubungan dengan tagihan tersebut.

Misalnya saja ketika waktunya membayar tagihan Listrik, maka saya harus datang ke loket pembayaran listrik terdekat dari rumah. Sebenarnya engga dekat-dekat banget karena saya harus menggunakan angkot untuk sampai ke tempat tujuan. Belum lagi kalau angkotnya penuh, pasti saya harus sabar menanti kedatangan angkot berikutnya.

Lalu ketika ATM BCA sudah mulai bisa menjadi sarana pembayaran beberapa tagihan bulanan, saya mulai meninggalkan loket-loket tersebut. Di saat itu saya belum memiliki internet banking BCA jadi masih tetap harus capek nih karena harus menuju ATM Bank bersangkutan.

Sekarang saya kok makin bersyukur di era yang serba canggih ini, kita tidak perlu jauh-jauh membayar tagihan bulan rumah tangga. Cukup dari rumah saja maka Anda bisa membayar tagihan seperti listrik, PDAM maupun tagihan telepon. Ada banyak marketplace yang menawarkan untuk pembayaran tagihan bulan tersebut. Bahkan ada juga marketpace yang bekerja sama dengan pemerintah kota setempat dalam melayani pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan milik warga kota setempat. Keren bukan!

Rekomendasi Marketpace yang Dapat Membayar Tagihan Bulanan

Berikut akan saya ulas mengenai 3 marketplace yang bisa Anda instal di smartphone guna keperluan membayar tagihan bulanan. Saya menulisnya berdasarkan peringkat marketplace mana yang sering saya gunakan untuk membayar tagihan. Ini bukan endorse, melainkan ingin berbagi pengalaman kepada Anda semua, agar tidak perlu capek-capek pergi ke loket pembayaran.

1. Tokopedia

Saya menggunakan marketplace ini sudah hampir 6 tahun dan rupanya sudah sangat jatuh cinta sekali dengan Tokopedia. Selain mudah menggunakan aplikasi ini, banyak rewards yang bisa kita dapat ketika melakukan pembayaran tagihan melalui Tokopedia. 

Anda bisa melakukan pembayaran listrik, tagihan PDAM bahkan tagihan kartu kredit pun bisa kalian bayar melalui aplikasi berwarna hijau ini. Ohya, Tokopedia juga menyediakan layanan investasi bagi kalian yang ingin mengembangkan dana pribadi. 

2. Shopee

Sejujurnya saya kurang familiar dengan aplikasi warna orange ini. Saya hanya menggunakan aplikasi ini untuk membeli keperluan rumah tangga seperti kopi, bumbu dapur, pakaian dan berbagai barang lainnya. 

Saya hanya beberapa kali menggunakan Shopee untuk membayar tagihan apabila di aplikasi sebelah sedang eror. Sebenarnya sih sama saja, mau bayar di aplikasi manapun asal kalian sudah familiar, tak masalah. 

Di Shopee saya biasanya suka berbelanja memanfaatkan gratis ongkos kirim hanya dengan berbelanja minimal 30ribu saja. Sementara di Tokopedia jika tidak ada promo maka minimal harus berbelanja minimal 50ribu baru bisa gratis ongkir. 

3. Bukalapak

Nah, sebenarnya Bukalapak merupakan aplikasi marketplace yang saya unduh pertama kalinya. Saya kenal Bukalapak tahun 2014 ketika pertama kali android sedang booming dan saya ikut menggunakannya.

Dulu saya tidak peduli dengan fasilitas gratis ongkir. Namun seiring berjalannya waktu, semua marketplace menawarkan fasilitas gratis ongkir untuk memanjakan semua penggunanya. 

Dulu awal-awal menggunakan Bukalapak, saya hanya fokus membeli barang-barang yang dibutuhkan dan tidak berniat untuk membayar tagihan di marketplace. Saya membayar tagihan bulanan seperti listrik dan air melalui internet banking BCA. Namun, lagi-lagi pelayanan pelanggan itu nomor satu.

Bukalapak juga memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk membayar tagihan bahkan juga berinvestasi! Anda bisa membeli reksadana dan produk investasi lainnya di Bukalapak. Sebenarnya bukan saya tidak mau membayar tagihan listrik di Bukalapak, namun karena tidak terbiasa menggunakan aplikasinya saja maka saya beralih ke Tokopedia. 

Penutup

Sebenarnya tidak hanya 3 aplikasi marketplace di atas saja yang bisa digunakan untuk membayar tagihan bulanan rumah tangga saja, namun saya rekomendasikan 3 aplikasi di atas karena saya pernah bahkan sedang menggunakannya. 

Apapun aplikasinya, gunakan yang menurut Anda nyaman digunakan saja. Selamat mencoba. 



Posting Komentar untuk "Rekomendasi Marketplace Untuk Membayar Tagihan Bulanan"