Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akun Instagram Inspiratif Berbagi Kebaikan


Saat ini kita hidup di zaman yang sangat mengedepankan teknologi. Internet yang juga bagian dari teknologi membuat kita seakan memiliki ketergantungan terhadap sesuatu yang tidak berwujud itu. Tanpa internet seolah-olah hidup kita menjadi hampa. Kuota data menjadi kebutuhan primer yang tak terelakkan lagi. Bahkan pada suatu waktu saya pernah menunda keingina untuk makan hanya karena asyik scroll medsos saja. Padahal lebih penting mana, makan atau main medsos?

Begitulah kira-kira gambaran ketika kita menjadi ketergantungan terhadap internet. Ada beberapa manfaat yang dapat kita ambil manakala menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:
  • Mempermudah dalam mendapatkan informasi
Ketika suami saya terdampak pandemi yang menyebabkan dirinya harus dirumahkan sementara, maka untuk mengisi waktu luang suami memanfaatkan internet untuk mencari pekerjaan sampingan sambil menunggu panggilan kerja dikantor lamanya.

Suami saya menggunakan akun media sosial Instagram dan Facecook untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Di sinilah dapat kita akui bahwa menggunakan internet dengan bijak akan memberi manfaat yang positif.
  • Membantu menyebarkan kebaikan
Terkadang saya melihat banyak akun media sosial yang banyak memberi informasi warga yang sedang mendapat kesulitan hidup. Atau misalnya secara tidak sengaja saya sedang melihat portal berita di internet dan ada yang mengabarkan orang hilang. Tak berapa lama keberadaan orang hilang itu dapat ditemukan dengan bantuan segenap warga masyarakat.

Jika internet sudah menggunakan "kekuatannya" terutama melalui banyak akun di media sosial, maka suatu berita akan mudah menjadi viral. Contoh saja ketika ada berita seorang ibu yang kabarnya ditaruh oleh ketiga anaknya di panti jompo. Tak berapa lama banyak sekali bantuan berdatangan ditujukan kepada ibu tersebut bahkan seorang crazy rich Malang pun turut menjenguk ibu tersebut.
  • Mempermudah komunikasi dengan orang lain
Saya memiliki Ibu yang sudah lansia di rumah dan selalu saya jaga agar akses internet di rumah nyala 24 jam. Pasalnya ketika Ibu saya tinggalkan di rumah maka saya harus selalu memantau kondisi ibu ketika sendirian di rumah.

Untuk itulah bagi saya pribadi internet merupakan kebutuhan primer di saat ini karena harus berkomunikasi dengan Ibu.

Internet dan Kemunculan Media Sosial

Perkembangan internet tentu saja akan memunculkan berbagai aplikasi yang akan memudahkan kita beraktivitas. Salah satunya kemunculan aplikasi media sosial. Mengapa bisa memudahkan? Karena dengan adanya media sosial akan mempermudah kita menerima informadi dengan cepat dari orang lain.

Saya sendiri terhubung dengan beberapa media sosial seperti Facebook, Twitter, dan juga TikTok. Bagi saya memiliki media sosial tidak ada hubungannya dengan usia. Mau berapapun usia kita, seperti di saat sekarang wajib untuk memiliki akun media sosial. Gunanya untuk tetap terhubung dengan kerabat dan handai taulan.

Saya berusaha bijak dalam menggunakan media sosial, seperti misalnya tidak menulis status curhat yang berlebihan. Karena hal tersebut juga tidak baik bagi mental kita dan apabila dibaca oleh orang lain. Akhirnya saya pun memutuskan untuk membaca akun-akun media sosial yang inspiratif saja, daripada membaca akun gosip atau lainnya yang membuat toxic. 

Akun Instagram Inspiratif Untuk Difollow 

1. Akun Sedekah dan Kebajikan

Jadi sering kita lihat di beranda Instagram bersileweran, banyak sekali akun yang mengajak kita untuk bersedeka. Memang sebaiknya kita harus tahu terlebih dahulu apakah akun Instagram itu benar-benar amanah dalam menyalurkan bantuan yang sudah diterima dari para donatur. 

Saya pribadi senang scroll gambar-gambar dari akun yang mengajak untuk berdonasi itu. Setelah yakin bahwa akun tersebut Insya allah amanah, baru saya memberanikan diri untuk ikut berdonasi. Bagi saya bukan seberapa besar nominal yang saya sumbangkan, namun niat tulus agar bisa ikut serta meringankan beban kaum dhuafa. 

Akun sedekah mengajarkan banyak hal pada saya untuk selalu bersedekah walau mungkin keuangan sedang sempit. Besar kecilnya nominal sedekah kita bukan tolok ukur kita disebut dermawan. Namun keikhlasan dalam membantu sesama manusialah yang menjadikan kita lebih berharga di hadapan Allah Swt. 

2. Akun Motivasi dan Psikologi 

Terkadang dalam hidup ini banyak sekali masalah yang kita hadapi. Entah itu ringan atau berat, masalah tetaplah masalah bagi kita yang merasakannya. Mudah bagi orang lain mengatakan kita lebay tapi percayalah, bahwa hanya kita yang tahu seberapa besar masalah kita. 

Saya mulai menyukai akun Instagram bertema motivasi dan Psikologi sejak 5 tahunan yang lalu. Beban pekerjaan yang menumpuk terkadang membuat saya merasa lelah tanpa sebab. Namun saya bingung harus curhat ke siapa jika sedang ada masalah pekerjaan. Mau curhat ke suami, kasihan dia juga pasti lelah dengan pekerjaannya. 

Akhirnya saya putuskan untuk mencari kata kunci "motivasi" di Instagram dan mulai menyimpannya jika berhubungan dengan masalah yang sedang saya alami. Rasanya ketika membaca berbagai kalimat motivasi, saya menjadi terbakar lagi untuk bersemangat menjalani hidup. Mungkin masalah saya tidak sebesar masalah orang lain di luar sana, namun saya merasa diri sendiri yang paling menderita. Sungguh tidak adil bukan! 

Maka dari itu, saya berusaha untuk melihat segala sesuatu dengan lebih positif lagi. Mungkin berat melihat segala sesuatu dari sisi positif sementara saya sedang mengalami masalah. Namun percayalah, jika hati kita lapang maka akan lebih mudah melakukannya. 

Penutup

Hidup ini singkat sekali sehingga kita harus pergunakan untuk hal yang baik-baik saja. Jangan menjadi pembenci atau haters yang tidak ada manfaatnya. Rasanya sulit bagi kita untuk tidak menggunakan media sosial saat ini. Selain sebagai kebutuhan, media sosial dapat kita gunakan untuk mencari informasi yang sedang dibutuhkan. 

Tidak ada yang salah dengan media sosial. Yang salah adalah cara kita menggunakannya dengan tidak bijak. Bagi saya mengikuti akun Instagram Inspiratif sangat penting untuk membangkitkan kesehatan mental di tengah gempuran informasi yang mungkin berdampak negatif bagi kita. 

Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Akun Instagram Inspiratif Berbagi Kebaikan"