Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Turun Berat Badan Dengan Konsisten

 

Hayo, siapa yang disini pembaca blog saya sedang memiliki masalah dengan berat badan. Jadi lebih tepatnya memiliki kelebihan berat badan. Nah, sebenarnya saya pun mengalami masalah yang sama yaitu bobot tubuh saya cukup berlebih dan tidak ideal sama sekali. Apalagi badan saya tidak tinggi tentu akan nampak jika saya termasuk gemuk.

Saya ingin bercerita pengalaman diet di tahun 2017 yang dikatakan cukup berhasil. Namun ternyata tidak konsisten hingga hanya bertahan selama satu tahun saja dan kembali membengkak deh berat badan saya.

Sebagai pembuka, saya ingin bertanya kepada kalian terlebih dahulu mengapa sih ingin diet? Tentu motivasi setiap orang berbeda-beda tergantung lingkungan sekitar ya. Namun jika dirangkum dari pengalaman pribadi dan juga curhatan teman-teman yang ingin diet maka beberapa motivasi seseorang melakukan diet antara lain:
  1. Ingin terlihat menarik di depan orang banyak
  2. Agar bisa mengenakan baju-baju dengan ukuran all size dan tidak terperangkap dengan ukuran big size.
  3. Takut dicibir atau dibully oleh teman maupun keluarga
  4. Takut tidak dapat pacar atau jodoh
  5. Ingin menjalani pola hidup sehat 
Dari kelima alasan orang melakukan diet di atas maka semua tidak ada yang benar atau salah. Yang kurang tepat adalah sudut pandang kita dalam melihat sesuatu. Jika Anda hanya ingin dapat pacar atau suami lalu berusaha mati-matian diet maka ketahuilah bahwa pasangan yang Anda dapatkan pada akhirnya hanya menilai dari fisik semata donk dan bukan dari hati Anda.

Namun jika alasan nomor 5 yang ingin Anda capai maka sesungguhnya hal itu merupakan alasan yang paling tepat karena dengan menurunkan berat badan maka otomatis kita menjadi pola makan yang berakhir dengan pola hidup sehat yang dijalani.

Lalu bagaimana agar bisa menurunkan berat badan secara optimal. Saya memiliki tips sederhana yang mungkin bisa Anda aplikasikan ke diri sendiri. Tips tersebut antara lain:
  • Dimulai dari diet yang ringan dan tidak memaksa diri sendiri
Diet ringan bisa dilakukan misalnya mengurangi asupan gula setiap harinya. Tentu sebelumnya kita harus mengetahui kebutuhan kalori setiap harinya.

Jangan tiba-tiba Anda tidak makan sama sekali demi meraih berat badan ideal. Jika tidak tahu ilmunya, bisa-bisa Anda sakit. 
  • Lakukan secara konsisten setiap hari
Konsisten itu kunci dalam melaksanakan target dalam hidup Anda. Misalnya Anda punya target kuliah di universitas negeri, maka usaha yang Anda lakukan haruslah belajar dengan giat.

Sama halnya dengan menurunkan berat badan, kita harus konsisten dengan mengatur pola makan. Lakukan filter ketika mengonsumsi makanan sehari-hari.
  • Lakukan pola makan yang seimbang.
Pola makan seimbang adalah ketika Anda bisa tahu kebutuhannya kalori yang masuk dan disesuaikan dengan aktivitas keseharian. Sebaiknya Anda rutin berolahraga untuk membantu mempercepat proses penurunan berat badan.

Ingat, bahwa olahraga pun hanya sebagai pendukung. Jaga pola makan agar tidak terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh kita.
  • Jangan memaksakan diri menurunkan berat badan jika terjadi efek samping.
Pastinya ketika memulai program diet, akan ada efek samping. Bagi orang yang tidak kuat, bisa saja dia akan merasa pusing dan lemas akibat kekurangan asupan karbohidrat. Sebenarnya adanya efek samping itu adalah hal yang lumrah.

Tergantung apakah Anda kuat atau tidak dengan efek samping penurunan berat badan itu. Jika sudah terbiasa, maka efek samping itu tidak akan ada lagi. Jika Anda tidak kuat dengan efek sampingnya, maka berhentilah berdiet sejenak. Temukan pola diet yang cocok untuk tubuh Anda sendiri.

Posting Komentar untuk "Tips Turun Berat Badan Dengan Konsisten"