Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Nyaman Berada Di Tempat Kerja Pertama Kali

Tips Nyaman Berada Di Tempat Kerja

Baru pertama kali bekerja? Gimana rasanya ? Pastinya senang dan bahagia karena bekerja merupakan hal yang diidam-idamkan banyak orang selepas mereka lulus sekolah ataupun kuliah. Bekerja merupakan sarana aktualisasi diri di masyarakat dengan imbalan gaji pastinya. Tak jarang orang berharap bisa bekerja untuk mendapat penghasilan, tak terkecuali saya. Lumrah kok!

Seseorang bekerja tentu memiliki tujuan, diantaranya:
  • Sebagai sarana aktualisasi diri
Setiap individu bisa mengaktualisasikan diri dimana saja dan kapan saja. Misalnya saja seorang blogger seperti saya bisa mengaktualisasikan diri asal ada laptop di depannya dan mulai menulis ide-ide yang terekam di otak.

Orang bekerja tentu harapannya agar di kantor tempat dia bekerja bisa mengaktualisasikan kemampuan yang dimilikinya untuk suatu kegiatan yang menjadi job descriptionnya. Hal itu tidak salah karena tentu seseorang akan merasa bosan jika di rumah saja tanpa melakukan apa-apa sehingga salah satu sarana agar dia tidak bosan adalah dengan bekerja di kantor misalnya.
  • Mendapatkan gaji atau penghasilan
Tidak munafik donk kalau kita bekerja dengan tujuan mendapatkan gaji alias uang. Saya pun demikian, sejak usia 24 tahun sudah bekerja demi memenuhi kebutuhan hidup. Rasanya mustahil jika seseorang bekerja tanpa mengharapkan gaji.

Saya punya cerita dimana teman kerja pernah mengatakan bahwa niatan dia bekerja adalah dolan atau dalam Bahasa Jawa artinya bermain. Hal ini dikarenakan teman saya merasa dia merupakan anak bungsu yang selalu tercukupi kebutuhannya oleh kedua orang tuanya.

Saya sebenarnya tidak sependapat dengan teman saya itu karena biar bagaimanapun juga seseorang bekerja tentu mengharap dapat gaji donk setiap awal bulan.
  • Mengaplikasikan ilmu yang didapat.
Ketika saya lulus dari perguruan tinggi, tentu berharap bisa bekerja sesuai bidang pendidikan yaitu ilmu Sosiologi. Harapan saya pastinya juga dimiliki oleh para lulusa perguruan tinggi lain yang harus berhadapan dengan dunia kerja manakala mereka lulus kuliah.

Walaupun kenyataannya ketika bekerja jurusan yang mereka ambil di perguruan tinggi tidak diterapkan dalam dunia kerja, nyatanya tetap saja semua orang butuh pekerjaan. Intinya adalah kita semua memiliki harapan agar ketika lulus kuliah nanti bisa bekerja agar ilmu yang didapat tidak sia-sia meskipun tidak ada hubungannya dengan dunia kerja.

Umumnya seseorang yang bekerja untuk pertama kalinya pasti akan sangat gembira sekali. Mengapa demikian, karena dia sudah membuktikan bahwa dirinya mampun mencari nafkah sendiri. Saya pun demikian ketika pertama kali bekerja di sebuah perusahaan swasta. Walau kala itu gaji yang diterima tak besar namun ada kebanggaan di dalam hati.

Sebagai karyawan baru tentu namanya kekhawatiran pasti muncul bagaimana jika nanti tidak nyaman ketika berada di tempat kerja baru. Apalagi jika kalian merupakan fresh graduate yang benar-benar baru memasuki dunia kerja. 

Kalau saya pribadi ada beberapa tips sederhana yang mungkin bisa kalian praktikkan apabila berada di tempat kerja pertama kali. 

Nyaman Berada di Tempat Kerja Pertama Kali

1. Bersikap Ramah Pada Semua Orang

Tentu saja ramah kepada semua orang tidak hanya kita lakukan ketika berada di kantor baru. Namun perlu dititik beratkan bahwa bekerja di kantor baru tentu saja akan bertemu dengan lingkungan kerja serta temasuk teman-teman kerja yang baru juga. Kita tidak ingin meninggalkan kesan jelek pada diri sendiri manakala ternyata usia kerja tidak lama di perusahaan tersebut. 

2. Mampu Beradaptasi

Sebagai newbie tentu kitalah yang harus beradaptasi dengan lingkungan kerja baru, Bukan sebaliknya. Beradaptasi itu sangat mudah kok. Dengan berlandaskan pada point pertama maka kalian pasti diterima dengan baik oleh lingkungan kerja. Para rekan kerja pun akan mampu beradaptasi dengan kalian. Dengan beradaptasi artinya kita mampu menerima kondisi kantor bagaimanapun adanya tanpa mengeluh. Ingat di luar sana masih banyak orang yang membutuhkan pekerjaan namun belum mendapat kabar baik juga.

3. Bekerja Dengan Sebaik Mungkin

Siapa sih karyawan yang tidak ingin bekerja dengan sebaik mungkin. Entah itu karyawan baru maupun lama. Saya berharap kalian yang baru saja diterima di sebuah perusahaan mampu menujukkan kinerja terbaik kalian baik di hadapan pimpinan maupun rekan kerja lainnya. Tentu saja hal ini dilakukan bukan untuk cari muka ya, namun tentu saja demi kenyamanan kalian sendiri. Dengan bekerja sebaik mungkin maka rekan kerja akan menaruh respek, terlebih lagi pimpinan. Bonusnya bisa saja kalian dipromosikan ke jenjang karir yang lebih tinggi lagi kan.

Penutup

Demikian tips sederhan dari saya untuk bisa mendapatkan rasa nyaman di tempat kerja untuk pertama kalinya. Jika kalian ada tips lainnya boleh banget dibagikan ke kolom komentar kok. Semangat bekerja!

4 komentar untuk "Tips Nyaman Berada Di Tempat Kerja Pertama Kali"

  1. Jadi ingat dulu waktu pertama kali bekerja, Alhamdulillah lingkungannya baik dan sangat mendukung.. tips yang bagus sekali dan cocok untuk fresh graduate yang baru masuk kerja

    BalasHapus
  2. Mempunyai motivasi yang kuat misalkan pengen memiliki sesuatu jadi bikin semangat bekerja supaya impian tercapai meskipun lingkungannya tidak nyaman

    BalasHapus
  3. Setuju banget mbak. Ngerasain juga dulu pertama kerja. Meski nggak besar gajinya tapi ada rasa kebamggan tersendiri

    BalasHapus
  4. Tipsnya semua penting banget biar nyaman dalam bekerja, satu lagi gak boleh egois kali ya apalagi kalau tempat kerjanya benar2 baru

    BalasHapus