Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bagi Orang Tua Mempersiapkan Anak Sekolah Untuk Pertama Kali


 

Siapa diantara para orang tua yang saat ini sedang mempersiapkan sekolah untuk buah hati untuk pertama kalinya? Saya ucapkan selamat kepada ayah dan bunda yah jika memiliki anak dengan usia yang cukup untuk masuk sekolah.

Adalah merupakan dambaan setiap orang tua melihat tumbuh kembang sang anak, salah satunya dengan bersekolah. Anak yang sudah siap bersekolah artinya secara usia mampu untuk menerima pengajaran dari para guru, siap untuk bergaul dan berinteraksi dengan sebaya serta bentuk kematangan lainnya yang dimiliki anak.

Lalu apakah anak sendiri sudah siap untuk masuk ke sekolah pertama kalinya? Tentu saja jawaban itu hanya anak yang mengetahuinya. Orang tua pun bisa jadi tahu anak siap atau tidak dari bahasa tubuh si anak. 

Tips sederhana bagi orang tua mempersiapkan anak masuk sekolah pertama kali, diantaranya:

1. Perbanyak teman agar anak dapat bersosialisasi dengan baik

Itulah mengapa pentingnya tingkatan dalam sekolah. Bukankah kita tahu sebelum masuk Taman Kanak-kanak ada yang namanya Playgroup. Walaupun masuk Playground itu sifatnya tidak wajib, namun anak bisa bergaul dan menambah teman ketika masuk tingkatan awal tersebut.

Anak pun harus diajarkan agar tidak egois ketika berteman. Banyak cerita yang saya dapatkan dari teman, jika anak mereka suka merebut mainan temannya dan tak jarang ada yang suka berkelahi. Di sini pentingnya anak bersosialisasi dengan teman sebaya.

2. Persiapkan anak dengan berbagai peralatan sekolah

Sebagai orang tua, kita harus memperkenalkan peralatan untuk sekolah seperti buku, tas serta alat tulis pendukung. Walau mungkin anak sudah tahu fungsi masing-masing peralatan sekolah itu tapi tak ada salahnya mereka mendapat informasi tambahan lagi dari orangtuanya.

Ketika di sekolah, anak dilatih untuk mandiri sehingga jika ada terlupa membawa salah satu dari peralatan sekolahnya pasti anak akan malu atau marah.

3. Ceritakan pada anak betapa menyenangkannya bersekolah

Ada anak yang antusias ketika diberitahu orang tuanya bahwa mereka akan masuk sekolah. Namun tak jarang ada anak yang takut dengan kenyataan mereka harus mulai bersekolah. Takut karena ada rasa kuatir anak tidak bisa menyesuaikan diri dengan teman-temannya kelak. Walau masih kecil, namun ada anak yang dari kecil sudah memiliki sifat pemalu dan juga introvert. 

Orang tua sebaiknya memberi motivasi pada anak walau usia mereka masih kecil. Beritahu anak bahwa sekolah itu menyenangkan. Dengan bersekolah anak akan mendapatkan ilmu dan menjadi pandai. Selain itu pula, dengan bersekolah, anak bisa meraih cita-cita setinggi mungkin.

Penutup

Demikian sedikit tips dari saya jika Anda sedang mempersiapkan anak sekolah untuk pertama kalinya. Tentu saja orang tua satu dengan lainnya akan memiliki cara yang berbeda-beda dalam mempersiapkan pendidikan untuk anaknya.

Yang paling penting adalah jangan memaksakan anak harus sesuai dengan keinginan orang tua. Ketika masih kecil, anak sudah dipaksa maka ketika dewasa hal itu akan berpengaruh kepada kondisi psikologisnya. Menurut saya pribadi sih hal itu tidak baik karena saya pun pernah punya pengalaman melihat teman atau kerabat yang ketika kecilnya terlalu dituntut sempurna oleh orang tua mereka.

Jadikan masa kecil anak sebagai sebuah kenangan yang tak terlupakan, agar mereka bisa mengingat semua hal indah itu untuk diceritakan kepada generasi penerusnya kelak.

Lakukan yang paling baik dan nyaman menurut Anda sebagai orang tua saja. Karena orang tua pasti tahu yang terbaik bagi buah hati mereka. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Tips Bagi Orang Tua Mempersiapkan Anak Sekolah Untuk Pertama Kali"