Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menyambut Tahun Ajaran Baru Bagi Anak Secara Bersamaan

 
Tips Dalam Menyambut Tahun Ajaran Baru

Para orang tua pernah tidak sih kalian bersamaan memasukkan anak-anak ke sekolah dalam satu waktu? Jika pernah maka tentu banyak sekali yang perlu dipersiapkan misalnya saja dana sekolah, pakaian dan juga perlengkapan anak-anak. Tentu tidak mudah memiliki anak yang harus bersekolah di tahun ajaran baru secara bersamaan. Kalau hanya naik tingkat saja sih mungkin masih bisa disiasati ya Bund dengan cara adik memakai buku peninggalan sang kakak.

Pendidikan sangatlah penting bagi anak di era saat ini. Mengapa demikian, berikut alasan mengapa pendidikan sangat penting diantaranya:
  1. Mencerdaskan generasi penerus suatu bangsa
  2. Menambah pengetahuan serta kreativitas anak sejak kecil
  3. Dengan menempuh pendidikan formal maka menjadi bekal bagi anak untuk dapat diterima bekerja ketika dewasa kelak. Hal ini dikarenakan di Indonesia ijazah masih memiliki peranan penting bagi seseorang ketika masuk ke dunia kerja.
Jika Ayah dan Bunda hanya memiliki dua anak sementara penghasilan mereka lebih dari cukup untuk membiayai pendidikan anak-anak mereka, maka hal tersebut tak menjadi masalah. Namun bagaimana jika Ayah dan Bunda merupakan karyawan yang penghasilannya pas-pasan atau mungkin hanya Ayah yang menafkahi seluruh anggota keluarga? Ditambah lagi Ayah dan Bunda memiliki anak lebih dari satu misalnya. 

Tentu saja diperlukan strategi mengatur keuangan keuangan yang tepat bagi sebuah keluarga dengan penghasilan yang tak besar dan jumlah anak lebih dari satu. Anak sejatinya merupakan buah hati yang kehadiran mereka patut disyukuri pasangan suami istri manapun. Jangan jadikan anak beban dengan berbagai kebutuhan mereka, salah satunya pendidikan. 

Saya yakin semua orang tua ingin memberi yang terbaik bagi pendidikan anak-anak mereka kelak. Biasanya orang tua ingin anak mencapai pendidikan yang lebih tinggi dari mereka. Contohnya saja almarhum Bapak saya yang lulusan SMA di zamannya. Almarhum Bapak ingin ketiga anaknya menempuh pendidikan sampai sarjana dan Alhamdulillah tercapai keinginan beliau.

Sebagai anak tentu kita pun bangga dengan segala pengorbanan orang tua yang ingin anak-anaknya sukses. Bisa jadi orang tua menahan rasa lapar hanya demi menyisihkan uang gaji mereka untuk membayar SPP anak.

Tips Menyambut Tahun Ajaran Baru Bagi Anak Secara Bersamaan

Sekarang saya ingin membahas bagaimana agar Ayah dan Bunda tidak bingung ketika seluruh anaknya menghadapi tahun ajaran baru secara bersamaan dimana membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

1. Rutin Menabung

Menabung disini bukan hanya menyimpan uang di bank dalam jangka waktu tertentu lalu beberapa tahun kemudian orang tua dapat mengambil tabungan tersebut. Mengikuti program asuransi pun dapat dikatakan sebagai kegiatan menabung yang mungkin justru tidak bisa diambil sampai jangka waktu yang telah ditentukan.

Asuransi pendidikan anak ini sangat penting juga untuk mengantisipasi manakala ada risiko yang terjadi pada kedua orang tua mereka. Saya sih tidak ingin negative thinking tapi kita juga harus belajar dari pengalaman lingkungan sekitar ya dimana orang tua yang masih produktif sudah meninggal sementara anak masih butuh biaya sekolah.

2. Berusaha Mendapatkan Beasiswa untuk Anak

Menurut saya beasiswa merupakan sesuatu hal yang membanggakan. Hal ini dikarenakan menunjukkan seorang anak berprestasi di sekolahnya. Beasiswa juga tidak selalu didapat dari sekolah anak yang bersangkutan, melainkan bisa didapat dari yayasan pendidikan lain misalnya.

Ada pula beasiswa yang diperuntukkan bagi anak dari orang tua tak mampu tapi tentu saja harus jujur yah. Jika memang tidak mampu ya berikan surat keterangan tidak mampu dari RT dan RW setempat. 

3. Jika Memungkinkan, Adik Menggunakan Baju dan Buku Pelajaran Kakak

Point nomor 3 ini biasanya dilakukan beberapa teman saya ketika kami masih berada di bangku SD dan akan lulus. Saya ingat sekali teman saya seorang perempuan yang memiliki kakak perempuan dimana waktu itu juga hendak lulus SMP. Karena dahulu tahun 80an kurikulum tidak cepat berganti maka buku-buku pelajaran si kakak yang berada di bangku SMP masih bisa digunakan oleh teman saya. Pakaian SMP kakaknya pun ternyata muat di badan teman saya. Bayangkan di tahun 80an saja orang tua sudah merasakan beratnya menyekolahkan dua orang anak yang sama-sama masuk tahun ajaran baru, apalagi sekarang dimana kurikulum mungkin bisa cepat berubah.

Penutup

Demikian tips singkat dari saya yang mungkin bisa membantu Ayah dan Bunda mewujudkan impian anak untuk mencapai pendidikan setinggi-tingginya. Yang penting jangan pernah putus asa untuk Ayah dan Bunda jika memiliki anak yang harus memasuki tahun ajaran baru dalam pendidikan mereka. Tetap optimis!

Posting Komentar untuk "Tips Menyambut Tahun Ajaran Baru Bagi Anak Secara Bersamaan"