Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Sunscreen Bisa Menyebabkan Jerawat? Begini Penjelasannya dan Tips Memilih Sunscreen Yang Tepat

 
Tips Memilih Sunscreen Yang Tepat
Credit Photo: Freepik


Mengaplikasikan sunscreen sebelum keluar rumah telah menjadi syarat mutlak yang harus dilakukan semua orang setiap hari. Baik wanita maupun pria perlu melindungi kulit mereka dari paparan sinar matahari agar terhindar dari berbagai masalah kulit seperti sunburn, penuaan dini, bahkan dampak buruk jangka panjang seperti kanker kulit. 

Namun, dibalik pentingnya pemakaian sunscreen, justru ada beberapa orang yang mengeluhkan kulitnya menjadi jerawatan atau breakout akibat pemakaian produk tabir surya ini. Untuk mencari tahu benar atau tidaknya produk tabir surya bisa menjadi pemicu munculnya jerawat, simak penjelasan berikut ini!

1. Apakah Sunscreen Bisa Menyebabkan Jerawat?

Jika kamu berpikir sunscreen memiliki kandungan yang menjadi penyebab munculnya jerawat, kamu salah besar. Karena bahan aktif dalam sunscreen justru tidak menyebabkan kulit menjadi breakout. Jadi, apa penyebab sebenarnya? 

Perlu dicatat, ternyata yang jadi pemicu tumbuhnya jerawat mungkin karena bahan – bahan lain atau bahan pendukung dalam produk sunscreen seperti pengawet, wewangian, dan emolien. 

Selain karena kandungan didalamnya, cara penyimpanan sunscreen yang tidak tepat pun bisa memecah bahan kimia di dalamnya yang kemudian bisa memicu munculnya jerawat atau breakout. Menyimpan sunscreen di tempat yang panas misalnya di dalam mobil atau di bawah sinar matahari tepi pantai akan membuat bahan kandungan didalamnya tidak efektif lagi dalam bekerja. 

2. Kandungan Dalam Sunscreen Yang Mungkin Jadi Pemicu Munculnya Jerawat

Seperti kita ketahui bersama jika jerawat kerap muncul akibat pori – pori yang tersumbat. Terdapat beberapa bahan bersifat comedogenic yang bisa menyebabkan pori – pori tersumbat dan mengakibatkan penumpukan kotoran yang mungkin dimiliki dalam produk sunscreen tertentu. 

Adapun beberapa kandungan yang berpotensi menyumbat pori – pori sehingga perlu dihindari saat memilih sunscreen adalah sebagai berikut :

  • Comedogenic oil dan butter yang ternyata justru bisa menjadi penyebab penyumbatan pori – pori. Misalnya cocoa butter, wheat germ oil, soybean oil, dan coconut oil. 
  • Mineral oil dan silikon yang akan membuat kulit jadi mudah berkeringat. Keringat dan kotoran tersebut nantinya bisa terperangkap dalam pori – pori yang justru menyebabkan jerawat atau breakout. 
  • Benzophenones merupakan jenis filter UV yang banyak ditemukan dalam sunscreen berbentuk krim dan lotion. Kandungan ini biasanya tertulis dengan nama oxybenzone dan avobenzone. 
  • PABA dan bahan kimia lainnya. Beberapa kandungan seperti PABA (para-aminobenzoic acid) dan methoxycinnamate bisa menjadi penyebab munculnya jerawat terutama bagi kulit sensitif dan rentan berjerawat. Kedua kandungan tersebut biasa ditemukan dalam produk tabir surya yang tahan air. 
  • Beeswax merupakan kandungan yang mungkin ditoleransi oleh beberapa kulit. Namun, beberapa orang lainnya yang berkulit sensitif dan rentan berjerawat justru sangat rawan terkena jerawat jika terkena bahan satu ini. 
Jadi, agar tidak salah pilih sunscreen, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti : 

1. Pilih Sunscreen Dengan Klaim “Non-Comedogenic” dan “Oil-free”

Sunscreen dengan klaim “Non-Comedogenic” dan “Oil-free” tidak mengandung bahan apapun yang bisa menyumbat pori – pori, sehingga sangat cocok untuk menghindarkan kulit wajah dari penyebab jerawat dan breakout. Sunscreen yang bebas minyak pun sangat membantu dalam mengurangi kelebihan sebum yang kerap menjadi penyebab timbulnya jerawat. 

2. Hindari Oxybenzone dan PABA

Seperti sudah disebutkan diatas jika kulit berjerawat, sensitif, dan rosacea rentan terhadap Oxybenzone dan PABA. Bagi kamu pemiliki kulit sangat sensitif akan lebih baik jika tetap memakai sunscreen dengan kandungan mineral yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide yang tidak mengiritasi kulit. 

3. Pilih Day Cream Dengan Kandungan SPF

Day cream dengan kandungan SPF pun tentunya menawarkan kemudahan bagi penggunanya, terutama bagi kamu yang sering berpergian pada siang hari. Pilih produk tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau lebih tinggi dengan broad-spectrum protection. 

4. Pilih Tinted Sunscreen

Jika kamu memiliki kulit yang berminyak dan sering mengaplikasikan makeup, tinted sunscreen bisa menjadi solusinya. Tinted sunscreen bisa menggantikan peran foundation dan sunscreen sekaligus dengan konsistensi yang jauh lebih ringan, sehingga bisa melindungi kulit wajah dari sinar UV sekaligus meminimalisir produk yang akan diaplikasikan pada wajah. 

Nah, agar tidak salah pilih menggunakan produk sunscreen yang tepat untuk kulit berjerawat, kamu bisa beli Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen. Produk tabir surya ini diformulasikan dengan kandungan Salicylic Acid dan Zinc Gluconate, yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. 

Sunscreen ini mengandung SPF 30 PA++ serta didesain ringan, mudah diserap, dan tidak meninggalkan white cast. Ada juga Asam Salisilat didalamnya yang bisa membantu mengelupaskan kulit dan mencegah jerawat, sementara Zinc Gluconate bisa membantu menenangkan kulit wajah. Dermies Clear Me Acne Smooth Suncreen SPF 30++ juga memiliki kandungan Dimethicone yang akan bekerja untuk membuat kulit menjadi halus seperti sutra, menciptakan kilau yang halus, serta membentuk lapisan pelindung. 



Posting Komentar untuk "Apakah Sunscreen Bisa Menyebabkan Jerawat? Begini Penjelasannya dan Tips Memilih Sunscreen Yang Tepat"