Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Khas Kalimantan Selatan: Kalian Pilih yang Mana?

Makanan Khas
Picture Source: Pexels


Kalau kalian pernah jalan-jalan ke Kalimantan Selatan tentu akan menjumpai kuliner yang lezat dan menggoda. Bahkan saya yang berada di Surabaya saja mencari dimana dijual makanan khas Kalimantan Selatan saking enaknya. 

Kebetulan saya lahir di Tanjung, Kalimatan Selatan, lalu ketika berusia 3 tahun saya ikut pindah bersama orang tua ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Walaupun Timur dan Selatan itu ditempuh dengan perjalanan yang lumayan panjang, namun kalau soal makanan tidak berbeda jauh. Menu masakan yang biasanya kita makan di Kalimantan Selatan ada juga dijual di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Takdir memang tidak pernah ada yang tahu. Termasuk urusan jodoh pastinya. Hal ini dikarenakan saya menikah dengan suami yang memiliki ibu kandung berasal dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Rasanya saya seperti kembali pulang kampung ketika harus berkunjung ke kampung halaman mertua saya di Banjarbaru.

Memang mertua saya tinggal di Surabaya, namun setiap Idul Fitri beliau pulang kampung ke Banjarbaru. Saya pun setelah menikah beberapa kali ke Banjarbaru karena keluarga besar suami ada di sana semua. 

Untungnya ketika liburan ke Banjarbaru, lidah saya sudah tak asing dengan segala kuliner di sana. Tapi jangan suruh saya makan Tahi Lala ya, sebuah jajanan khas Banjarbaru yang mengandung jengkol, hehehe. Hal ini dikarenakan saya tidak menyukai jengkol, pete dan sejenisnya.

Kalau kuliner khas Kalimantan Selatan sih saya lebih memilih makanan besarnya ketimbang kudapan, karena memang menggoda selera banget ketika dikonsumsi. Saya sampai ingin menambah porsi makan, hahaha.

Kuliner dan travelling sering berjalan beriringan bagi saya. Kok bisa? Karena kalau saya sedang travelling ke luar kota pastinya akan mencicipi kuliner khas suatu daerah. Hal inilah yang menjadi kesempatan emas bagi saya ketika sedang cuti ke luar kota. Saya akan banyak mengambil konten mengenai kuliner khas suatu daerah serta tempat wisata yang dikunjungi selama liburan. Jadi sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. 

Kalau kalian suka cerita travelling, bisa banget jalan-jalan ke blognya Mbak Siti Nurjanah dimana banyak artikel dengan teman travelling di sana.

Makanan Khas Kalimanan Selatan yang Melegenda

1. Soto Banjar

Hidangan soto bisa jadi merupakan makanan yang hampir selalu ada di setiap daerah. Jadi bukan hanya Banjarmasin saja yang punya kuliner Soto Banjarnya. Di daerah lain kita bisa tahu ada Soto Madura, Soto Lamongan, Coto Makassar, dan berbagai varian soto lainnya. Yang menjadikan perbedaan di antara semua soto yang ada di Indonesia adalah bumbu serta bahan untuk membuatnya.

Indonesia dengan ragam budaya tentu saja menghasilkan berbagai makanan khas yang dapat diperkenalkan tidak hanya di dalam negeri namun bisa sampai ke luar negeri.

Soto Banjar merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang terdiri dari campuran soun, irisan telur, irisan ayam, daun bawang, seledri, bawang merah goreng, perkedel kentang, beserta kuah soto.

Untuk kuah Soto Banjar biasanya mertua saya menggunakan campuran susu Bear Brand untuk menambah kekentalannya. Namun jika kalian kurang suka juga tak masalah apabila tidak menggunakannya. 

Soto Banjar sendiri dapat kita makan dengan nasi ataupun lontong. Kalau di Banjarmasin atau Banjarbaru, Soto Banjar dapat dihidangkan dengan ketupat. Kembali lagi, semua tergantung selera sih. Saya pribadi malah suka makan Soto Banjar tanpa nasi, karena sudah penuh dengan topping seperti telur, ayam dan perkedel yang cukup mengenyangkan.

Yang menjadi unik adalah kuah soto yang terdiri dari rempah kapulaga, cengkih, kayu manis dan pala sehingga aroma kuah soto menjadi wangi.

2. Nasi Kuning Banjar

Sama halnya dengan Soto Banjar, hidangan Nasi Kuning Banjar pun mungkin sama dengan nasi kuning dari daerah lainnya. Yang membedakan adalah bumbu nasi kuning banjar menggunakan cabai merah kering yang menjadi ciri khas Kalimantan Selatan.

Selain itu pula, lauk Nasi Kuning Banjar tidak hanya ayam dan telur saja melainkan ikan haruan yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Ikan haruan jika di pulan Jawa terkenal dengan nama Ikan Gabus.

3. Ketupat Kandangan

Kenapa sih bisa namanya Ketupat Kandangan? Ternyata Kandangan merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan. Kandangan adalah ibu kota dari Hulu Sungai Selatan yang berlokasi di Kalimantan Selatan.

Ketupat Kandangan merupakan kuliner khas Kandangan, Kalimantan Selatan, terdiri dari ketupat yang dimakan bersama kuah santan dan ikan haruan atau lebih akrab disebut ikan gabus. Walau pada kenyataannya, tidak harus dimakan dengan lauk ikan gabus. Ketupat Kandangan juga dapat dimakan dengan lauk telur maupun ayam.

Penutup

Demikian sedikit ulasan saya mengenai makanan khas Kalimantan Selatan yang bisa kalian coba langsung di kotanya atau dapat dibeli di kota tempat tinggal Anda. Memang ketika ingin membeli makanan khas suatu daerah di tempat kita berada, membutuhkan effort yang lebih besar. Kita harus hunting dimana terdapat rumah makan yang menjual makanan khas suatu daerah misalnya.

Untungnya di Surabaya saya tidak sulit mencari makanan khas Kalimantan Selatan karena sudah tahu tempat-tempat yang menjualnya.

Jadi bagi kalian yang suka travelling dan sedang berada di Kalimantan Selatan, jangan lupa selain menikmati wisata di Kalimatan Selatan, cicipi juga kulinernya yah. 

1 komentar untuk "Makanan Khas Kalimantan Selatan: Kalian Pilih yang Mana?"

  1. Baru tahu ada Ketupat Kandangan!
    Dan makannya sama kuah santan dan ikan haruan ya? Kebayang nih enaknya!

    BalasHapus