Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Jualan Online di Blibli: Tetap Optimis Walau di Masa Pandemi

 
Pengalaman Jualan Online di Blibli

Zaman sekarang sulit rasanya suatu usaha berkembang jika tidak ditopang dengan branding di platform online, sehingga apabila kita memiliki usaha, sebaiknya selain dipasarkan secara offline, juga harus diperkenalkan kepada khalayak umum secara online juga.

Dengan membuka toko online maka setidaknya kita sudah membuka mindset kita bahwa memiliki usaha tidak harus di lingkungan yang sempit.

Beberapa keuntungan apabila kita memiliki toko online, antara lain:
  1. Produk yang kita jual lebih dikenal oleh masyarakat luas, tidak hanya di kota kita berdomisili, melainkan seluruh Nusantara. Dulu saya berpikir membuka toko itu hanya melayani pelanggan dalam kota saja. Apalagi jika produk saya sembako. Namun ternyata anggapan saya keliru. Bahkan pelanggan saya di luar kota pun membeli produk sembako yang saya jual.
  2. Bisa dijalankan selama 24 jam. Ketika memiliki toko offline, maka kita memiliki keterbatasan dalam mengelola. Selalu ada jam libur untuk menandakan toko tidak beroperasi. Namun di toko online, kita dapat setting menjadi 24 jam penjualan. Tentu saja barang tidak langsung dikirim pada jam itu juga donk. Ada yang namanya batas pengiriman dan biasanya pelanggan pun paham jika yang namanya toko online perlu waktu agar barang bisa sampai ke kota tujuan.
  3. Bisa mendapatkankan fasilitas dan promo menarik apabila bergabung dengan marketplace. Nah, point ketiga ini yang mungkin belum diketahui para pelaku usaha. Kita tidak perlu buka toko online secara mandiri kok. Ada beberapa marketplace yang menawarkan kepada para pelaku usaha untuk bergabung buka toko online, salah satunya adalah Blibli.
Saya dan suami awalnya bergabung menjadi Blibli Seller karena kami membaca berbagai ulasan yang sangat positif dari beberapa pelaku usaha yang sudah lebih dulu bergabung. Kemudahan dalam melakukan pendaftaran yang menarik minat saya dan suami untuk buka toko online di Blibli. Tahun 2020 merupakan tahun bersejarah bagi kami karena ketika pandemi itulah, Blibli menjadi solusi bagi kami buka toko online sekaligus menciptakan peluang usaha sendiri akibat terimbas pandemi. 

Pengalaman Jualan Online di Blibli: Banyak Manfaat yang Didapat Sebagai Blibli Seller

Saya termasuk orang yang gagap teknologi, sehingga untuk urusan mendaftar jadi Blibli Seller saya serahkan ke suami. Ternyata buka toko online di Blibli itu sangat mudah lho, teman-teman. 

Bagi saya, punya toko online di Blibli ini merupakan pengalaman pertama yang mematahkan rasa pesimis saya bahwa jualan sembako itu tidak bisa dilakukan secara online. Buktinya, pelanggan toko online saya di Blibli ada yang membeli sembako bahkan dari luar kota Surabaya sekalipun. 

Adapun cara mendaftar sebagai Seller Blibli cukup mudah, kita hanya perlu menginstall aplikasi Blibli Seller dari smartphone lalu isi data yang disediakan. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Instal terlebih dahulu aplikasi Blibli Seller
  2. Daftar menggunakan alamat email dan nomor telepon yang aktif
  3. Lakukan verifikasi menggunakan nomor telepon yang Anda daftarkan
  4. Buat kata sandi yang mudah untuk Anda hafalkan
  5. Buat nama toko yang unik, menggambarkan mengenai usaha Anda
  6. Klik tombol daftar untuk memulai.
  7. Setelah diverifikasi oleh tim Blibli, Anda siap untuk berjualan. Unggah produk-produk toko online Anda untuk mendapatkan lebih banyak pembeli.
Bagi Anda yang berminat untuk membuka toko online di Blibli, bisa banget lho. Caranya cukup mudah, klik tautan berikut http://blib.li/BL29 lalu lakukan pendaftaran sesuai langkah-langkah yang tertera di dalam website.

Ketika sudah siap untuk berjualan di Blibli, Anda pun tak boleh melewatkan hal berikut agar toko Anda semakin banyak pelanggan:
  1. Upload barang dagangan Anda dengan disertai keterangan produk. Misalnya saja ketika Anda menjual makanan maka cantumkan berat dari produk, dan kapan tanggal kadaluwarsanya. Hal ini untuk menghindari kekecewaan pelanggan apabila produk yang dia terima rusak atau kadaluwarsa. Tentu saja menjaga agar rating toko online Anda di Blibli tetap bagus.
  2. Cek selalu ketersediaan barang dagangan Anda. Jangan pernah membuat pelanggan kecewa karena stok barang di toko online Anda selalu kosong. Pelanggan bisa pindah ke toko online lainnya dan omzet Anda pastinya semakin menurun donk. Jaga kualitas dengan selalu cek ketersediaan barang.
  3. Unggah foto produk sebagus mungkin. Hal ini bertujuan agar pelanggan tertarik dan melakukan pembelian di toko Blibli Anda. Biasanya penampilan visual suatu produk yang menjadi alasan utama seseorang membeli barang lalu diikuti dengan keterangan lain yang mendukung.

Penutup

Kita hidup di era yang ketat akan persaingan di dunia usaha. Namun tetaplah pada pijakan untuk melakukan segala sesuatu dengan baik dan benar. Mencari peluang usaha sangatlah dianjurkan ketika Anda memutuskan untuk menjadi wirausaha. Blibli menawarkan kesempatan bagi Anda yang ingin berwirausaha untuk membuka toko online dengan menjadi Blibli Seller.

Jadi tunggu apa lagi, segera daftarkan diri Anda menjadi Blibli Seller dan dapatkan berbagai macam benefit.

5 komentar untuk "Pengalaman Jualan Online di Blibli: Tetap Optimis Walau di Masa Pandemi"

  1. Tetap optimis walau di masa Pandemi. Blibli benar-benar memberikan semangat kepada masyarakat untuk bangkit finansialnya, Kak.

    BalasHapus
  2. Yess betul sekali tetap berusaha ikhtiar hasil akhir serahkan pada Allah SWT. Adanya aplikasi online memudahkan pembeli belanja cukup dr rumah saja metode bayarpun beragam.

    BalasHapus
  3. Jualan online di aplikasi Blibli cukup mudah ya ternyata, saya kira harus pakai dokumen legalitas yang lengkap gitu biar bisa diterima, memudahkan sekali buat para penjual yg masih dalam skala kecil ya

    BalasHapus
  4. Caranya mudah sekali ya, Kak. Apalagi dengan adanya panduan atau langkah-langkah yang lebih jelas lagi, pasti makin senang dan jadi makin bersemangat

    BalasHapus
  5. Nah selama ini saya hanya fokus sama marketplace hijau sama orange saja, cap cus coba di blibli. terima kasih infonya kk maria.

    BalasHapus