Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Do and Dont's di Dunia Blogging


Bagi kalian seorang bloger yang mungkin baru pertama kali terjun ke dunia blogging tentu awalnya akan mengalami banyak kebingungan nih. Sama kok dengan saya yang ketika awal menulis di blog bingung mau nulis tentang apa nih tema yang asyik.

Do and Don't Jika Anda Seorang Blogger

Nah, artikel ini sebenarnya saya tujukan untuk diri sendiri, terutama untuk memotivasi agar menjadi blogger yang lebih baik lagi. Setiap bulannya akan lahir blogger baru dan kita harus siap bersaing. Bukan bersaing yang tidak sehat ya, namun agar bisa eksis terus sebagai seorang blogger maka ada beberapa hal yang harus dilakukan, dan juga ada yang harus dihindari.

1. Jangan Menjiplak

Bayangkan jika karya kalian sendiri dijiplak oleh orang lain, tentu sakit donk hati ini. Jadi saya ingin cerita sedikit mengenai teman Facebook saya di masa silam. Dia seorang perempuan, saya pun baru mengenalnya di dunia Maya yaitu Facebook.

Lalu tiba-tiba statusnya muncul di beranda saya, dan herannya adalah semua statusnya copas dari status yang ada tulis. Padahal ini cuma status di media sosial lho. Walau sebenarnya kita tidak boleh menjiplak semua tulisan atau hasil karya orang lain di platform manapun, termasuk media sosial.

Sebagai seorang blogger, saya ingat akan perjuangan dimana harus mengorbankan jam tidur hanya demi menghasilkan tulisan berkualitas. Bagaimana rasanya jika perjuangan kita menulis dengan tidak tidur beberapa jam di malam hari harus dicuri orang lain. Tentu ada rasa tidak terima.

Oleh sebab itu, mari kita sebagai seorang blogger untuk menghargai hasil karya teman blogger lainnya dan juga penulis manapun di dunia ini. Bahkan kita juga harus menghargai kerja keras wartawan yang menulis artikel di media online. Jika ingin menulis yang bersumber dari media online, maka tulislah sumber beritanya.

2. Punya Ciri Khas Tersendiri 

Semua orang pasti memiliki ciri khas masing-masing, walau sekecil apapun. Usahakan Anda memiliki ciri khas sebagai blogger. Ada teman blogger yang memiliki ciri khas story telling yang sangat menarik di setiap tulisannya. Saya pun merasa ingin menjadi seperti dirinya.

Namun saya mengakui sulit untuk menjadi seperti teman saya. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk mencari jati diri sendiri sebagai seorang blogger. Akhirnya saya menemukan ciri khas yang bisa kalian lihat apabila membaca blog saya. Saya tidak bisa menggambarkan ciri khas yang seperti apa. 

3. Jangan Bosan Menulis 

Nah, kunci yah satu ini jangan sampai hilang yak. Usahakan sebagai penulis atau Blogger, kalian jangan pernah berhenti menulis walau hanya satu paragraf. Memang ada kalanya kita harus beristirahat sejenak dar kegiatan menulis. Selain karena jenuh, tentu saja kita harus mengistirahatkan otak dan pikiran sejenak.

Lain halnya dengan saya dimana sulit sekali membangkitkan semangat apabila sedang sangat malas menulis. Dan itu menjadi nilai minus untuk saya. Hingga akhirnya saya memutuska untuk selalu menulis walau hanya 15 menit setiap harinya. Hal ini dikarenakan sulitnya membangkitkan semangat setelah berhari-hari tidak menulis.

Untuk kalian para blogger, jangan pernah bosan menulis yah. Sebab kekuatan blogger adalah dari setiap ide yang dituangkan menjadi tulisan.


4. Jangan Pasif Jadi Blogger

Jad blogger itu harus aktif, karena dengan menjadi  aktif maka akan mudah mendapatkan informasi mengenai job, serta tawaran lain yang mungkin memberikan peluang baginya.

Aktif disini adalah aktif berkomunitas dan bergaul dengan sesama blogger. Tidak harus bertemu di dunia nyata kok. Kita bisa bergaul di dunia maya seperti chat melalui WhatsApp atau saling memberi komentar positif di media sosial milik teman.



Posting Komentar untuk "Do and Dont's di Dunia Blogging"